BBPP Ketindan Latih Tiga Latsar Ahli dan Terampil Penyuluh Pertanian

udin abay | Rabu, 14 Maret 2018 , 18:48:00 WIB

Swadayaonline.com - Salah satu strategi untuk meningkatkan kompetensi kerja penyuluh pertanian adalah melalui penyelenggaraan pelatihan dasar penyuluh pertanian ahli bagi tenaga harian lepas tenaga bantu penyuluh pertanian (THL TB PP) yang diangkat menjadi CPNS dan telah mengikuti diklat prajabatan. Sebanyak 93 orang penyuluh CPNS dari THL TB PP  yang berasal dari Provinsi Jawa Timur dilatih di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan untuk mengikuti diklat dasar ahli yang diselenggarakan dari tanggal 14 Maret sampai dengan 3 April 2018 atau selama 21 hari.

Kehadiran penyuluh pertanian dan peranan ditengah-tengah masyarakat sangat dibutuhkan untuk meningkatkan sumberdaya manusia khusunya petani, sehingga mampu mengelola sumber daya alam yang ada secara intensif untuk tercapainya peningkatan produktivitas dan pendapatan atau tercapainya ketahanan pangan dan ketahanan ekonomi. Dengan diberlakukannya Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006 tentang sistem penyuluhan pertanian, perikanan dan kehutanan, maka peran penyuluh pertanian menjadi strategis dalam memfasilitasi proses pemberdayaan pertanian. 

Kepala BBPP Ketindan Kresno Suharto dalam arahannya menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan profesionalisme, pengetahuan, keterampilan, sikap dan memberikan wawasan berpikir secara komprehensif bagi penyuluh pertanian dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya. Selain itu penyuluh harus mengawal, mendampingi dan berperan aktif dalam dunia pertanian bersama petani. Hal ini sangat ditekankan, mengingat banyaknya perubahan-perubahan, kebijakan dan inovasi yang harus cepat diserap dan dirasakan oleh petani. SY/YNI