eSIANI Aplikasi Layanan Perkebunan Dalam Genggaman

udin abay | Rabu, 14 Maret 2018 , 19:29:00 WIB

Swadayaonline - Visi Balai Besar Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan (BBPPTP) Surabaya yaitu “menjadi Balai yang profesional dalam meningkatkan pelayanan prima di Bidang Perbenihan dan Proteksi Tanaman Perkebunan” standar pelayanan yang diberikan sesuai dengan ISO 17025:2008 dan ISO 9001:2008. Upaya peningkatan produksi tanaman perkebunan dilakukan dengan Benih Unggul bermutu dan bersertifikat, antisipasi serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT), dan keamanan produk melalui pengujian residu pestisida dan logam berat.

Tantangan perbenihan adalah kondisi masyarakat yang belum memahami penggunan benih unggul bermutu dan bersertifikat. Dibidang proteksi serangan Organisme Pengganggu Tumbuhan adalah faktor penting yang menghambat pencapaian produksi. Diperkirakan 30% penurunan hasil disebabkan serangan OPT, juga dapat menyebabkan kematian apabila tidak dikendalikan dengan cepat. Pengendalian OPT dengan pestisida secara tidak bijaksana berdampak terhadap produk pertanian dan lingkungan. Berkembangnya persepsi masyarakat menuntut keamanan produk pertanian yang dikonsumsi dengan nilai residu di bawah standar Batas Maksimal Residu.

Pada awal tahun 2016 BBPPTP Surabaya mengembangkan sistem “Jemput Bola” merupakan pengembangan dari Inovasi Pelayanan Publik yang dilakukan menggunakan Mobil Keliling yang disebut Mobil SIANI (Sahabat Setia Petani). Mobil SIANI mendatangi lokasi yang membutuhkan dan memberikan pelayanan informasi perbenihan, pelaksanaan pengujian cepat mutu benih dan kesehatan benih; Layanan SINANDA (Sistem Layanan Dokter Tanaman) dan informasi pengujian mutu APH; layanan uji cepat residu pestisida, uji cepat residu logam berat, dan informasi pengujian mutu pestisida. Layanan Mobil SIANI dapat mengurangi resiko kehilangan hasil akibat keterlambatan dalam pengendalian OPT dan penggunaan benih unggul bermutu dan bersertifikat sehingga petani terhindar dari kerugian ekonomi akibat penurunan produksi tanamannya, Layanan Mobil SIANI mengurangi biaya yang petani/ masyarakat keluarkan jika membutuhkan layanan pengendalian OPT dan penggunaan benih unggul bermutu dan bersertifikat.

Tahun 2017 BBPPTP Surabaya, atas upaya inovasi pelayanan publik dengan program “ INI MOBIL SIANI- Sahabat setIA petaNI “ menerima penghargaan TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik dari Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Evaluasi dan peningkatan pelayanan pada program ini terus dikaji ulang dan ditingkatkan dalam era teknologi informasi sekarang ini.

Telekomunikasi dan Informasi melalui SIARAN PERS.NO.53/HM/KOMINFO/02/2018 Indonesia mencatatkan peningkatan pertumbuhan pengguna internet setiap tahun 10,56 juta pengguna. Pada tahun 2017, total pengguna internet di Indonesa mencapai 143,26 juta pengguna dari populasi penduduk 250 juta jiwa. Laporan ini di dasarkan hasil survey Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). Keterkaitan pertumbuhan pengguna internet searah dengan kenaikan jumlah pengguna smartphone, menjadikan Indonesia peringkat ke 5 dunia menggeser negara Jepang.

Seperti yang kita ketahui bahwa di era Jaman Now peran teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari tentunya sangat berpengaruh. Hal ini tidak terlepas dari aktivitas kita yang kerap kali ditunjang dengan teknologi informasi itu sendiri sehingga mampu menjawab tuntutan pekerjaan yang lebih cepat, mudah, murah dan menghemat waktu. Aktifitas seperti pembayaran semua tagihan baik listrik, air, telefon, angsuran dapat dilakukan dengan sekali klik di smartphone. Tahun 2017 mencatat peningkatan belanja online dan berbagai aplikasi online nya semakin meningkat dibandingkan tahun tahun sebelumnya.

Mendasari pentingnya peran teknologi informasi di Jaman Now, BBPPTP Surabaya di Tahun 2018 mengembangkan sebuah aplikasi Android yang akan memudahkan petani dalam mendapatkan akses layanan dalam genggaman. Basic pengembangan platform Android aplikasi eSIANI adalah mendukung program “INI MOBIL SIANI” dimana petani bisa melihat jadwal kunjungan mobil SIANI.

Aplikasi eSIANI menggunakan bahasa pemrograman java, XML, HTML, JQUERY, JAVA Script, PHP, yang memudahkan smartphone basic android untuk menginstalnya melalui Google Playstore. Basedata menggunakan MYSQL sehingga memungkinkan keseluruhan aktifitas, tersimpan, terdownload secara otomatis di server hosting setiap bulan, dan data akan ter backup setiap bulannya. Selain itu untuk menjaga kerahasiaan dan keamanan user/penggunanya, aplikasi ini dilengkapi dengan Framework: Code Igniter.

Selain fungsi utama mendukung program “INI MOBIL SIANI”, aplikasi ini terdapat beberapa fitur didalamnya antara lain, artikel dimana user/pengguna dapat mengakses informasi perbenihan, maupun proteksi tanaman perkebunan terbaru. Fitur tanya; dimana user langsung berinteraksi dengan tenaga ahli perbenihan, proteksi, dan analis kimia. Fitur ahli; user dapat melihat langsung tenaga ahli baik profil maupun status online maupun offline, dan terakhir adalah fitur jadwal; user mampu mengakses jadwal kedatangan mobil SIANI. Keempat fitur layanan yang diberikan diharapkan mampu menjawab kebutuhan petani akan informasi hanya dalam genggaman.

Platform android aplikasi eSIANI diharapkan mampu merubah mindset generasi muda, melalui program lanjutan “eSIANI GOES TO CAMPUS”. Pemikiran pertanian yang dianggap kuno, dapat berubah ke pertanian modern memanfaatan teknologi informasi terkini sehingga generasi muda mau dan mampu bekerja di bidang pertanian. SY/HMS