Bergembira Sambil Mengenal Dunia Pertanian

udin abay | Kamis, 15 Maret 2018 , 16:19:00 WIB

Swadayaonline.com - Dunia pertanian memang selalu menarik untuk dipelajari, terlebih oleh anak-anak. Seperti halnya siswa-siswi dari Sekolah Dasar Islam Sabillilah Kota Malang. Sebanyak 125 anak melakukan kunjungan ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan, dalam rangka pengenalan dari dekat dunia pertanian. Mulai dari melihat kondisi lahan tanam, cara pengolahan lahan menggunakan traktor roda dua, tanaman padi jagung dan rimpang, tanaman hidroponik dan hidroganik, serta pengolahan hasil pertanian.

Tidak ada rasa lelah dari wajah-wajah anak-anak dari awal hingga akhir kegiatan. Berbagai hal yang dilalui anak-anak semua ditanyakan dan ingin dilakukan oleh semua anak-anak dengan cara yang mengasyikkan sejak awal. Seperti saat pengenalan mesin traktor dilahan, hampir semua anak-anak ingin mencoba menggunakan. Ditambah saat anak-anak praktek pembuatan ice cream dan pemanenan sayuran sawi hidroponik.

Kunjungan ini memberi manfaat yang besar, bagaimana sejak dini anak-anak telah mengetahui bahwa dunia pertanian adalah hal yang mengasyikkan untuk dipelajari. Guru pendamping dari SDN Sabillillah menyampaikan akan melajutkan proses kegiatan pembelajaran dunia pertanian dilain waktu dengan tema mengenal bermacam-macam tanaman toga dan hama penyakit yang sering menyerang tanaman sayuran. Hal ini disambut baik oleh BBPP Ketindan agar kedepan lebih menyiapkan segala proses sesuai dengan tumbuh kembang anak-anak. SY/YNI