Kerjasama Kemenlu dan BBPP Ketindan Latih Negara Negara Afrika

udin abay | Kamis, 22 Maret 2018 , 19:01:00 WIB

Swadayaonline.com - Menindaklanjuti persiapan kerjasama pelatihan dengan negara-negara Afrika, rombongan dari Tim Direktorat Kerjasama Teknis Kementerian Luar Negeri didampingi dari Tim Pusat Pelatihan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kementerian Pertanian mengunjungi Balai Besar Pelatihan Pelatihan (BBPP) Ketindan untuk koordinasi terkait materi dan kurikulum serta pembiayaan sekaligus memastikan kesiapan fasilitas dan sarana prasarana pendukung pelatihan. 

Pelatihan yang direncanakan pada pertengahan bulan April ini rencana dilaksanakan selama dua minggu, dengan pola seminggu di BBPP Ketindan untuk komoditas pertanian dan dilanjutkan seminggu kemudian di Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu untuk komoditas peternakan.

Titik berat materi yang disampaikan adalah pengolahan hasil pertanian dan peternakan. Terutama pengolahan hasil sederhana seperti industri rumahan diselingi dengan sentuhan teknologi agar bisa dapat diaplikasikan di Negara Afrika. Selain itu menurut Tim Direktorat Kerjasama Teknis Kementerian Luar Negeri, teknologi pengolahan itu juga bisa menambah nilai ekonomis bagi Kemenlu terutama bagi Indonesia bisa berdampak positif. Dampak postif itu salah satunya adalah, Indonesia mensuplai bahan baku atau peralatan yang tidak ada di Negara Afrika selain itu tenaga-tenaga ahli sebagai pengajar didatangkan dari Negara Indonesia. Sehingga impact bisa dirasakan oleh Negara-negara Afrika dan Negara Indonesia. SY/YNI