Siswa SMK Kembangkan Wirausaha Permen Jelly Tomat dan Minuman Rosella

udin abay | Jum'at, 23 Maret 2018 , 19:49:00 WIB

Swadayaonline.com - Membentuk jiwa wirausaha kepada generasi muda adalah salah bentuk pengabdian dari BBPP Ketindan kepada masyarakat. Salah satunya membina siswa SMK jurusan teknologi pengolahan hasil pertanian yang praktek kerja industri (PKL) di BBPP Ketindan. Melalui program pemberdayaan wirausaha kepada generasi muda, BBPP Ketindan memberikan materi-materi yang bisa dipraktikkan secara langsung oleh siwa SMK.

Salah satunya adalah dari SMKN 1 Purwosari dan SMKN 3 Kota Batu. Siswa-siswa ini berupaya untuk membuat permen jelly tomat dan minuman segar rosella. Memanfaatkan buah tomat jika harga anjlok, mereka membuat olahan menjadi permen yang disukai anak-anak mirip dengan permen bermerk yang dijual dipasaran. Disamping itu mereka membuat minuman segar berbahan tanaman rosella yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan melangsingkan badan. 

Kedua produk yang dibuat anak-anak kemudian dijual kepada pegawai dan staf di BBPP Ketindan, juga di Landbouw Mart Ketindan, gerai milik BBPP Ketindan. Sehingga melalui kegiatan ini, anak-anak bisa mengembangkan potensi dirinya dan mampu mengembangkan jiwa wirausaha yang dibentuk sejak dini. Dari modal dan penjualan olahan yang mereka buat, para pembimbing bisa mengevaluasi dan membantu agar anak-anak bisa memperbaiki kualitas produk olahan. Dan bukan itu saja, masih banyak produk olahan yang bisa dibuat oleh mereka. Hanya dengan modal kreatif dan cekatan mereka bisa membuat banyak produk olahan dengan sentuhan dari pembimbing dan teknologi tepat guna. SY/YNI