Siswa SMK PP Belajar Budidaya Kedelai

udin abay | Sabtu, 07 April 2018 , 01:55:00 WIB

Swadayaonline.com - Setelah berhasil mewujudkan swasembada padi, jagung, bawang merah dan cabai, komoditas strategis lainnya juga dibidik pemerintah salah satunya adalah komoditas kedelai yang olahannya sangat digemari masyarakat. Sejauh ini, sudah disiapkan lahan seluas 500.000 ha di 14 provinsi yang siap ditanami. Salah satu potensi terbesar dari lokasi yang siap tanam adalah Provinsi Jawa Timur. 

Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan, turut berperan serta dalam pelaksanakan pelatihan tematik dan pengawalan upsus kedelai di Jawa Timur. Dan salah satu pembimbingan dilaksanakan juga kepada siswa SMK PP yang magang di BBPP Ketindan untuk belajar teknik budidaya kedelai. Dengan harapan selepas magang bisa mengaplikasikan ilmunya di sekolah maupun setelah lepas sekolah.

Siswa-siswa magang ini tak segan untuk mendalami dan mengadopsi ilmu teknis, ekonomi, iklim dan pasar yang menjadi keterpaduan dan  dibutuhkan agar mereka memiliki wawasan yang luas dan komprehensif dalam budidaya kedelai. Dan mereka juga harus memahami ilmu berbudidaya tentang iklim, penyakit/ hama, dan penyebab kerusakan atau gagal panen yang sering dihadapi oleh pelaku usaha. SY/YNI