Pelatihan Perbaikan Produktivitas dan Rendemen Tebu

udin abay | Sabtu, 07 April 2018 , 02:04:00 WIB

Swadayaonline.com - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan telah memulai beberapa  pelatihan teknis tematik, diantaranya kedelai, padi, cabai dan tebu. Lokasi penyelenggaraan tersebar di beberapa wilayah Jawa Timur seperti di Kabupaten Sumenep yang telah melaksanakan 5 pelatihan teknis tematik kedelai, di Kabupaten Blitar dilaksanakan pelatihan teknis tematik kedelai dan cabai dan dilanjutkan di Kabupaten Malang dengan teknis tematik tebu, padi dan kedelai. 

Komoditas tebu adalah satu dari program prioritas pemerintah menuju swasembada gula. Pada tahun 2016 luas areal di Provinsi Jawa Timur mencapai 201.276 ha dengan produktivitas mencapai 1.052.779 ton. Oleh karena itu sejak tahun 2017 telah ditingkatkan produktivitas tebu dan rendemen melalui penyiapan benih dan mekanisasi. Salah satunya adalah melalui pelatihan tematik yang akan membuka luas lahan baru dan penyiapan benih tebu.

Menurut Kepala BBPP Ketindan, Kresno Suharto dalam arahannya, kondisi saat ini tenaga kerja di kebun semakin berkurang, kesuburan tanah turun, kualitas pekerjaan masih manual dan belum memenuhi standard, HPP kebun secara manual semakin tinggi. Oleh karena itu diperlukan kerjasama dari pabrik gula dan petani agar tercapai peningkatan produktivitas tebu dan rendemen. Dilaksanakannya pelatihan ini agar kualitas SDM semakin meningkat dan swasembada lekas tercapai. SY/YNI