Siswa MI Umushabri Belajar Teknologi Sayuran

udin abay | Jum'at, 13 April 2018 , 18:41:00 WIB

Swadayaonline.com - Kendari Tanggal, 13 April 2018, sekitar 40 siswa dan siswi beserta guru pendamping melakukan pembelajaran prakarya dengan tujuan untuk memperdalam pembelajaran sains khusunya tanaman obat dan sayuran.

Rombangan ini diterima langsung oleh Kepala BPTP Sultra yang diwakili oleh Kepala Seksi Kerjasama dan Pelayanan Pengkajian Bapak Dr. Abdul Wahab, SP, MP yang bertempat di BPTP Sultra.

Kepala Sekolah MIN Umushabri Kendari yang di wakili oleh Ibu Syarli Anitawati menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kunjungan pembelajaran prakarya yang merupakan proses pembelajaran diluar kelas, kunjungan ini diharapkan dapat memberi tambahan wawasan dan ilmu pertanian kepada siswa(i) dalam membudidayakan tanaman sayuran. 

Kepala KSPP menyampaikan bahwa BPTP Sultra merupakan UPT Badan Litbang Kementerian Pertanian yang ada didaerah yang mempunyai tugas untuk melakukan penelitian dan pengkajian dibidang pertanian  dan  telah ada beberapa hasil Inovasi yang telah dihasilkan oleh BPTP Sultra yang telah diterapkan di Beberapa Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara. sarana edukasi yang dapat dikunjungi yaitu Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), yaitu pemanfaatan lahan pekarangan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga antara lain dengan metode vertikultur dengan sistem hidroponik, Kebun Benih Inti (KBI), Kebun Taman Agroinovasi dan Tanaman Hidroponik. 

Kegiatan kunjungan ini berakhir dengan pembagian bibit terong dan cabai yang nantinya akan dibudidayakan di perkarangan sekolah. Kemudian dilanjutkan dengan penyampaian kesan dan pesan dari siswa (i) dimana siswa sangat berkesan dalam mengikuti kegiatan kunjungan ini karena dapat menambah wawasan terkait dunia pertanian khusunya pada Tanaman Sayuran serta mengucapkan banyak terima kasih terkait dengan ilmu yang mereka peroleh. SY/HMSL