Diseminasi Pertanian Tanpa Batas, Penyuluh Pertanian Sidoarjo Lakukan Siaran Radio Secara Berkala

udin abay | Jum'at, 31 Desember 2021 , 17:44:00 WIB

Swadayaonline.com - Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo secara rutin menjadwalkan kegiatan siaran radio bagi penyuluh pertanian yakni tiap Jumat di LPPL Radio Suara Sidoarjo. Kegiatan siaran dilakukan oleh penyuluh pertanian Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) tingkat Kecamatan dan bergilir setiap bulannya.

Materi penyuluhan yang diberikan berbeda-beda setiap minggu meliputi tema tanaman pangan, hortikultura, peternakan dan olahan pangan. Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 09.00-10.00 WIB dan dapat didengarkan di saluran frekuensi 100,9 MHz FM. LPPL Radio Suara Sidoarjo merupakan Lembaga Penyiaran Publik Lokal Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.

Rizki Ramadhani sebagai salah satu Penyuluh Pertanian Kabupaten Sidoarjo turut serta mendapat giliran bertugas melaksanakan siaran radio. Materi yang disampaikan diantaranya tumpang sari bawang merah dan cabai rawit bersama penyuluh pertanian Supriyanto, dilanjutkan dengan materi olahan minuman cincau hijau disampaikan bersama Wiwik Subiyanti. Mengingat situasi masih pandemi covid, materi yang disuguhkan dalam siaran juga bisa dipilih materi yang sedang trending dan bermanfaat bagi pelaku utama maupun masyarakat seperti materi yang disampaikan bersama Ratih Permata Harum dan Tri Sulistyo W.D tentang budidaya tanaman temulawak beserta olahan sirup temulawak yang diharapkan dapat meningkatkan wawasan pendengar mengenai temulawak dan manfaatnya bagi kesehatan untuk menjaga daya tahan tubuh, serta materi pengendalian hama lalat buah yang disampaikan bersama Ratih Permata Harum.

Siaran Radio merupakan salah satu metode penyuluhan yang diawali dengan pembuatan naskah radio. Tujuannya untuk memperluas jangkauan penyuluhan yang tidak hanya diikuti pelaku utama tidak terbatas waktu dan tempat saja namun juga dapat didengarkan oleh masyarakat umum. Siaran radio memudahkan penyuluh menyampaikan informasi mengenai inovasi pertanian dan teknologi terkini sesuai dengan prinsip-prinsip metode penyuluhan. Lebih dari itu, LPPL Suara Sidoarjo tidak hanya diperdengarkan melalui audio namun juga direkam dalam bentuk video yang diupload di platform youtube dan instagram sehingga bisa ditayangkan secara berulangkali di luar jadwal siaran yang dilakukan.

Hal ini mendukung Dinas Pangan dan Pertanian Kabupaten Sidoarjo dalam menarik minat generasi muda mengenal ilmu pertanian lebih luas dipandu oleh penyiar LPPL Radio Suara Sidoarjo yang atraktif dan menarik. SY/RZKY/YNI