Tingkatkan Nilai Tambah Mengolah Daging Menjadi Bakso dan Abon

udin abay | Minggu, 20 Februari 2022 , 21:05:00 WIB

Swadayaonline.com - Penutupan Kegiatan Pelatihan Pengolahan Hasil Daging bagi aparatur dan Pelatihan Asisten Teknis Reproduksi (ATR) yang diselenggarakan oleh Kementrian Pertanian Republik Indonesia, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian melalui Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu dilaksanakan hari Minggu (20/02/2022)

Bertempat di Brizantha Convention Hall BBPP Batu penutupan Kegiatan Pelatihan Pengolahan Hasil Daging bagi aparatur dan Pelatihan Asisten Teknis Reproduksi (ATR) Ini dalam rangka peningkatan kompetensi kerja petugas dalam bidang pengolahan hasil ternak khususnya produk daging yang dilaksanakan selama 7 hari dan 14 hari.

Suyanto, sebagai salah satu panitia kegiatan menyampaikan, "Kegiatan Pelatihan Pengolahan Hasil Daging bagi aparatur ini dimulai tanggal 14 sampai dengan 20 Februari 2022 dengan jumlah peserta sebanyak 30 orang yang salah satunya adalah BPP Kostratani Sugio yang merupakan wilayah binaan dari BBPP Batu.

Sedangkan Kegiatan Pelatihan Asisten Teknis Reproduksi (ATR) dimulai pada tanggal 7 sampai dengan 20 Februari 2022 dengan jumlah peserta sebanyak 20 orang. Protokol kesehatan diterapkan dalam kegiatan ini dengan menjaga jarak dan memakai masker agar terhindar dari wabah covid 19.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo, menyampaikan bahwa peningkatan kualitas SDM pertanian menjadi salah satu fokus Kementerian Pertanian. "Salah satu fokus kita adalah meningkatan kualitas SDM. Dengan SDM yang berkualitas tersebut, kita akan meningkatkan pertanian," ujar Mentan Syahrul.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr, mengatakan kegiatan ini akan mendukung 3 program aksi BPPSDMP untuk mencapai visi dan misi yang dicanangkan Presiden RI dan Menteri Pertanian.

Sejalan dengan arahan Mentri Pertanian, Kepala BBPP Batu yang diwakili oleh Tata Sukmara menyampaikan sambutannya sekaligus menutup kegiatan pelatihan, “Dua kegiatan yang disatukan mempunyai tujuan untuk menciptakan ketahanan pangan nasional dan peningkatan kesejahteraan petani dan peternak, Untuk itu perlu peran serta berbagai pihak agar dapat berjalan dengan baik," Begitu ucapnya

Lebih lanjut ia berharap, “Agar semua peserta dapat memberikan hasil laporan kegiatan yang dilaksanakan, sejauh mana materi ini bisa di implementasikan kepada petani, " Begitu imbuhnya.

Muhammad Zawaid, salah satu peserta merasa sangat senang dengan adanya kegiatan pelatian pengolahan daging ini, “Alhamdulillah hari ini hari terakhir kegiatan, semoga ilmu yang kita dapat dapat kita terapkan di wilayah kerja kita masing-masing." Begitu harapnya. Pewarta Catur Puryanto. SY/BBPPBATU