BPPSDMP Kementan Minta Masyarakat Tidak Resah Untuk Menkonsumsi Daging Sapi

udin abay | Selasa, 17 Mei 2022 , 20:24:00 WIB

Swadayaonline.com - Mentan Prof. (UNHAS). Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, SH., M.Si., MH. mengatakan, pertanian adalah sektor yang terbukti tangguh karena di saat dunia terguncang pandemi Covid-19 pertanian tetap tumbuh dan bahkan menjadi penyumbang terbesar untuk pemulihan ekonomi nasional.

Kepala BPPSDMP Prof. Dr. Ir. Dedi Nursyamsi, M.Agr. mengatakan Kementan memiliki tanggung jawab yang besar untuk mencukupi kebutuhan pangan bagi 273 juta penduduk Indonesia. Menurutnya, inilah tujuan pertama pembangunan pertanian. "Tujuan lainnya adalah peningkatan pendapatan petani sebagai pelaku utama pembangunan pertanian. Dan terakhir peningkatan ekspor komoditas pertanian. Ketiga tujuan ini mustahil berhasil tanpa ditopang oleh SDM yang kompeten," Berdasarkan kedua pernyataan di atas menunjukkan bahwa Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, pemenuhan kebutuhan pangan harus terus terpenuhi apapun yang terjadi.
Daging merupakan salah satu sumber protein hewani bagi manusia. Keamanan pangan dalam penyediaannya harus diperhatikan. Menghadapi kasus Penyakit Mulut dan Kuku yang akhir-akhir ini  terjadi menyebabkan timbul kekhawatiran masyarakat dalam mengkonsumsi daging. 

Menanggapi hal ini BPPSDMP melalui Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan (BBPKH) Cinagara menyelenggarakan pertemuan dengan stakeholder terkait, guna mendapatkan rekomendasi ilmiah terhadap situasi yang terjadi. Pertemuan antara BBPKH dengan Ahli dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah terselenggara pada hari Selasa, tanggal 17 Mei 2022 di Jakarta. Hadir pada pertemuan yaitu Kepala Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Cinagara Bogor Dr. Wasis Sarjono, M.Si, dan Widyaiswara Drh. Dwi Windiana, MSi dan Drh. Fera Aryanti, MSc. Dari BRIN, hadir Kepala Organisasi Riset Kesehatan BRIN Prof. Dr. Indi Dharmayanti, MSi dan Kepala Pusat Riset Veteriner, dan Drh. Harimurti Nuradji, Ph.D.

Hasil pertemuan menyepakati bahwa sebagai tindak lanjut akan diselenggarakan kegiatan pembuatan kerjasama  kedua belah pihak untuk melaksanakan berbagai kegiatan ilmiah seperti in house training, pelatihan Training of Trainer (ToT) dan edukasi kepada masyarakat dalam membangun psikologi terhadap konsumsi daging. BBPKHCINAGARA