Kementan Siapkan Alumni Magang Jepang Jadi Agen Pembaharu Perdesaan

udin abay | Sabtu, 21 Mei 2022 , 17:19:00 WIB

Seadayaonline.com - Generasi muda diyakini menjadi penentu masa depan sektor pertanian. Keyakinan ini tak terlepas dari tantangan penyusutan lahan pangan ditengah tuntutan memacu produktivitas guna memenuhi kebutuhan pangan seluruh masyarakat Indonesia. Sebagai agen, para pemuda perlu menjawab tantangan pertanian, yakni mengubah dari citra ”kotor” menjadi usaha yang menjanjikan.

Menteri Pertanian Prof. DR. Syahrul Yasin Limpo, SH, MH, M.Si  mengatakan generasi muda harus bisa mengambil peran dalam pengembangkan pertanian. “Harapannya melalui petani-petani milenial itu akan muncul inovasi-inovasi lain yang mendorong pertanian modern, sehingga swasembada pangan di negara kita nantinya benar-benar terwujud,” kata Menteri Syahrul.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi mengatakan instansinya siap untuk terus meningkatkan kualitas SDM. Salah satunya dengan regenerasi petani.

“Kami gerakkan petani milenial melalui Magang Jepang,  kami ciptakan job seeker dan job creator yang siap memompa kreativitas dan produktivitas,” tutur Dedi.

Dr. Wasis Sarjono, S.Pt, M.Si Menyatakan Pede Sekarang perintahkan dirimu sekarang untuk memulai dan membangun komitmen terhadap kegiatan usaha yang di jalani, hal ini diungkapkan Wasis dalam kunjungan kerjanya ke Alumni Magang Jepang Agung  Firmansyah dan Kelompok Ternak PE Sekar Menda Desa Sidomulya Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran.

Agung Firmansyah merupakan Alumni Magang Jepang yang baru selesai melaksanakan magang selama 2 tahun 8 bulan di peternakan sapi perah Queen Holsein Farm Gunma Jepang. Saat ini Agung dengan semangat milenial mengembangkan ternak Kambing Perah (PE) sebanyak 48 ekor dengan pola kendang koloni dan menggunakan teknologi pakan fermentasi silase untuk pemenuhan pakan ternaknya, kepala BBPKH Wasis Sarjono mendorong Peternak milenial untuk mengembangkan Manajemen Pakan, Reproduksi dan tatalaksana yang baik dan benar sehingga dapat meningkatkan produktifitas yang tinggi sehingga menguntungkan. BBPKHCINAGARA