Meriahkan HUT RI ke-77, BBPP Lembang Tumbuhkan Wawasan Kebangsaan melalui Lomba dan Penghijauan

udin abay | Senin, 15 Agustus 2022 , 16:37:00 WIB

Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, itulah tema besar Perayaan HUT RI ke-77 tahun 2022. Mengisi kemerdekaan sepatutnya diisi dengan berbagai kegiatan positif yang dapat menumbuhkan wawasan kebangsaan.

Swadayaonline.com - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menyatakan, “pertanian adalah sektor strategis yang memberi keuntungan bagi semua orang. Pertanian memiliki andil besar terhadap pertumbuhan ekonomi. Selama tiga tahun pandemi, pertanian selalu tumbuh positif,” jelas SYL.

Memperingati HUT RI ke-77, Menteri Pertanian mengingatkan kemerdekaan sesungguhnya baru bisa dipertahankan apabila bangsa Indonesia bebas dari ketergantungan impor.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi, juga menyampaikan, “kegiatan yang dilakukan untuk memeriahkan HUT RI ke-77 diharapkan bisa menanamkan nilai-nilai instrumental revolusi mental yakni etos kerja, gotong royong, dan integritas,” ungkap Dedi.

Bertepatan dengan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, sebagai bangsa Indonesia sudah sepatutnya mengenang jasa para pahlawan yang telah membela dan memperjuangkan kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Setiap tanggal 17 Agustus menjadi tonggak sejarah perjuangan bangsa, dan sebagai generasi penerus bangsa mengisi kemerdekaan dengan melakukan hal-hal positif adalah sebuah keharusan.

Dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaaan RI yang ke 77, mulai tanggal 8-16 Agustus 2022, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang mengadakan pertandingan olahraga dan seni (Porseni) antar unit kerja, juga melibatkan Ibu-ibu Dharma Wanita Persatuan (DWP) BBPP Lembang, koperasi petani BAVAS, serta siswa dan mahasiswa yang sedang PKL.

Tujuan diadakannya kegiatan Porseni yaitu untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah rela berkorban demi Tanah Air Indonesia Raya, menumbuhkan rasa persatuan, kesatuan, dan kekeluargaan, meningkatkan kesadaran akan besarnya jasa pejuang kemerdekaan dalam merebut kemerdekaan, meningkatkan jiwa sportifitas dalam berlomba dan untuk mendorong rasa bangga dan cinta tanah air.

Kegiatan Porseni dibuka langsung oleh Kepala Balai, Ajat Jatnika. “Saya mengajak kita semua untuk mengisi kemerdekaan dengan penuh semangat setiap harinya, terus berupaya berkinerja positif untuk mendukung program Kementerian Pertanian mewujudkan pertanian maju, mandiri, modern,” jelas Ajat. “Saya himbau seluruh pegawai untuk berpartisipasi pada rangkaian acara HUT RI ke-77 seperti Porseni ini, karena seperti ungkapan “mens sana in corpore sano”, didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Nanti juga akan ada penanaman bibit pohon untuk penghijauan kantor kita,” ungkapnya.

Lima cabang olahraga yang dipertandingkan adalah bulu tangkis, tenis meja, voli, sepak bola mini, dan catur. Untuk kesenian yaitu karaoke. Puncak HUT RI ke-77, tanggal 17 Agustus 2022 akan dilaksanakan upacara menaikkan bendera. Selanjutnya diadakan Lomba Kekompakan Tim, diisi dengan kegiatan Lembang Fashion Week, mandi kering, voli balon, mandi basah, balon pecah dan oper stik.

Selain itu akan diadakan lomba untuk putera-puteri pegawai kategori Balita, SD, SMP dan SMA, meliputi lomba makan kerupuk, mewarnai, memasukkan paku, lomba kelereng, dan lomba memasukkan bendera ke dalam botol. Bazzar akan menjadi puncak peringatan HUT RI ke-77 tersebut.

Jumat (12/08/2022), atas instruksi Menteri Pertanian, serentak dilaksanakan penanaman pohon multipurpose hortikultura dan tanaman pangan di seluruh unit kerja lingkup Kementan, termasuk BBPP Lembang. Berlokasi di lingkungan kantor BBPP Lembang juga lahan praktik Inkubator Usahatani, dilaksanakan penanaman 77 bibit pohon seperti kopi, jambu bol, sawo, jengkol dan petai, dipimpin langsung Kepala Balai dan dihadiri seluruh pegawai dan Ibu-ibu Dharma Wanita.

“Sebagai insan pertanian, menjadi tugas kita bersama melanjutkan estafet pembangunan pertanian, salah satunya dengan cara menanam pohon-pohon ini,” kata Ajat. “Menanam pohon-pohon ini menjadi upaya kita semua untuk menyiapkan pangan. Mari kita hijaukan pekarangan kantor, kita pelihara agar ada sesuatu yang dapat kita wariskan kepada anak cucu kita,” tegasnya. SY/YKO/CHE