Pasokan Aman, Tasikmalaya Siap Dukung Kementerian Pertanian Hadapi Ramadhan dan Idul Fitri

udin abay | Selasa, 28 Februari 2023 , 18:08:00 WIB

Swadayaonline.com - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bersama jajarannya berkomitmen untuk menjaga ketersediaan pangan terutama menjelang bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 2023. Salah satu sentra cabai yang terpantau terus mempersiapkan diri adalah Tasikmalaya.

“Akhir November dan Desember 2022 lalu telah dilakukan penanaman cabai besar dan keriting seluas 186,8 hektare serta cabai rawit seluas 77 ha. Pada Februari ini sudah mulai memasuki periode panen yang diproyeksikan untuk memenuhi kebutuhan Ramdhan dan Idul Fitri nanti,” ujar Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan, dan Perikanan Kabupaten Tasikmalaya, Nuraedidin, Selasa (28/2). 

Rata-rata produktivitas di Tasikmalaya untuk cabai besar dan keriting mencapai 10 ton per hektar sedangkan cabai rawit 7 ton per hektar. Berkaca dari produktivitas tersebut, Nuraedidin meyakini Kabupaten Tasikmalaya mampu menyumbang pasokan 1.868 ton cabai besar dan cabai keriting serta 539 ton cabai rawit merah menjelang Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Nuraedidin optimistis jika pasokan cabai Tasikmalaya mampu mencukupi kebutuhan yang mulai meningkat menjelang Ramadhan nanti. “Optimisme ini berkat masifnya pendampingan dari para PPL, Dinas Pertanian Kabupaten hingga pemerintah pusat. Di sini kami berusaha menjaga jadwal tanam yang sistematis dan tepat untuk menjamin pasokan menjelang HKBN.”

Kecamatan Cigalontang salah lokasi penghasil, terpantau kondisi tanaman cabai cukup baik meskipun terlihat adanya serangan OPT sebagai dampak iklim namun masih dapat dikendalikan dengan baik. 

“Meskipun kondisi curah hujan yang masih cukup tinggi namun serangan OPT masih terkendali sehingga tidak mengganggu potensi panen cabai bahkan saya optimis dapat panen dengan potensi produksi 10 ton per hektar. Dengan potensi tersebut, kami menjamin dapat menjaga kebutuhan hingga Idul Fitri nanti,” terang Ketua Kelompok Tani Lingkar Semesta, Mansyur, yang berlokasi di Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang Kabupaten Tasikmalaya. 

Mansyur menyebutkan bahwa aneka cabai ini biasanya dipasarkan di pasar lokal Tasikmalaya, pasar Caringin Bandung, pasar induk Cibitung, Kramat Jati dan beberapa daerah di Jawa Tengah. 

“Alhamdulillah sampai saat ini  pasokan maupun harga juga terkendali. Untuk harga cabai besar di Kabupaten Tasikmalaya saat ini Rp 30 - 32 ribu/kg, cabai keriting Rp 32 - 35 ribu/ kg, dan cabai rawit merah Rp 50 - 55 ribu/ kg,” pungkas Mansyur. HMSH