BPPSDMP dan Dinas Pertanian Gresik Dorong Milenial Sukses Gawangi P4S

udin abay | Minggu, 19 Maret 2023 , 18:56:00 WIB

Swadayaonline.com - Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya atau P4S berperan amat penting dalam menggerakkan pembangunan pertanian dan perdesaan. Bukan hanya sebagai pelaku utama, P4S juga menjadi pelaku usaha, bahkan penyuluh bagi petani di perdesaan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, Indonesia merupakan tanah surgawi, di mana airnya terus mengalir, mataharinya terus memberikan nutrisi untuk tumbuh-tumbuhan.

“Apapun yang kita tanam dan kembangkan di negeri ini, pasti tumbuh dengan baik. Oleh karenanya, kita harus bermimpi besar. Dari mimpi itulah kita akan gagas masa depan bangsa ini,” kata Mentan SYL.

Menanggapi arahan Menteri Pertanian, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan), Dedi Nursyamsi mengatakan, bahwa untuk mewujudkan mimpi untuk masa depan bangsa salah satunya melalui P4S. Dimana P4S adalah pelaku utama yang bukan hanya berusaha di on farm (tanam dan panen), tapi juga sebagai pelaku usaha. 

“P4S menginisiasi bisnis pertanian dan pelopor pengolahan produk pangan yang memberikan nilai tambah untuk masa depan bangsa Indonesia, “ujarnya.

Ia menambahkan bahwa P4S tak sekadar mampu membuat produk keren, tapi juga olahanya juga keren. Ini luar biasa,” kata Dedi Nursyamsi.

“P4S merupakan pelopor dan motivator, serta motor penggerak pembangunan perdesaan. Ciri utama mereka adalah inovasi yang menonjol, “imbuh Dedi.

Tahun 2023 ini, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan sebagai UPT dibawah BPPSDMP yang menjadi pembina P4S Provinsi Jawa Timur, melaksanakan kegiatan Penguatan Kelembagaan, Penumbuhan dan P4S di beberapa Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Timur. 

Kegiatan yang bertujuan untuk menjaring potensi usahatani perorangan atau kelompok tani sebagai Center of Excellence ini disambut antusias diantaranya oleh Dinas Pertanian Kabupaten Gresik. Abdul Alim, salah satu Koordinator Jabatan Fungsional (KJF) Penyuluh Kabupaten Gresik, mengeluhkan beratnya mengawal regenerasi petani (pengusaha tani) di Kabupaten Gresik yang disebabkan tingginya tingkat kompetisi dengan sektor Industri. Kabupaten Gresik sendiri merupakan salah satu kawasan Industri di Provinsi Jawa Timur selain Surabaya, Pasuruan, dan Sidoarjo.

Strategi penumbuhan dan pengembangan P4S di Kabupaten Gresik dilakukan dengan mendorong partisipasi pengusaha tani milenial sukses baik perorangan maupun kelompok dalam satu kawasan, dengan omzet puluhan hingga ratusan juta per tahunnya. Harapan ke depannya P4S-P4S ini dapat menjadi model dan inspirasi bagi petani milenial lain untuk mengembangkan hal serupa. 

Beberapa P4S yang ditumbuhkan oleh Dinas Pertanian melalui Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di Gresik antara lain P4S Taruna Jaya Lestari, P4S Embun Pagi, P4S Dukun Agro Tani, P4S Mahardika Farm, dan P4S Bungah Mulia Agro, yang masing-masing terletak di 5 Kecamatan yang berbeda. Kelima P4S yang diajukan sebagian besar merupakan kolaborasi dari beberapa pengusaha tani milenial dengan komoditas usaha yang berbeda. Seperti P4S Embun Pagi yang menjalankan usaha produksi tanaman horti cabai dan jeruk, diintegrasikan dengan usaha ternak kambing. Sementara P4S Taruna Jaya Lestari digawangi oleh pengusaha tani milenial yang menjalankan usahatani melon, jamur, dan ternak magot. 

Pengusaha tani milenial yang terlibat penumbuhan P4S bersemangat mempresentasikan kegiatan usahanya pada kegiatan klasifikasi, yang sebagian besar juga telah menjalankan kegiatan pelatihan, permagangan, maupun kunjungan, baik offline maupun online melalui media Youtube. 

BBPP Ketindan dan Dinas Pertanian Kabupaten Gresik siap mengawal potensi-potensi muda pertanian untuk dikembangkan lebih maju, dalam rangka mendorong dan mensukseskan regenerasi pelaku usahatani Kabupaten Gresik pada khususnya. SPTM/YNI