Karedok Kuliner Masyarakat Betawi

udin abay | Selasa, 04 Oktober 2016 , 12:21:00 WIB

Swadayaonline.com - Resep Karedok Betawi – Resep karedok betawi adalah salah satu kuliner khas nusantara yang memakai sayuran yang masih mentah sebagai bahan utamanya. Karedok tidak hanya populer di daerah sunda saja namun karedok juga populer di masyarakat Betawi.

Salah satunya adalah berkembangnya resep karedok Betawi yang pada prinsipnya sama dengan karedok pada umumnya. Karedok betawi juga sama dengan karedok kacang panjang juga menggunakan sayuran mentah sebagai bahan utamanya. Masakan ini nikmat dan juga sehat karena nutrisi yang berada pada sayuran mentah masih terjaga.

Untuk membuat karedok betawi sangat mudah, bahan-bahannya pun juga mudah didapatkan di pasar tradisional, Sama halnya seperti bahan Resep Kari Ayam pada umumnya. Berikut bahan-bahan yang diperlukan sesuai dengan resep karedok betawi untuk mendapatkan karedok yang nikmat.

Bahan saus kacang:
1.    Kacang tanah yang telah digoreng
2.    Gula merah
3.    Cabe rawit sesuai selera
4.    Bawang putih
5.    Kencur
6.    Terasi yang telah dibakar
7.    Garam dan
8.    Asam jawa

Sayur pelengkap karedok betawi:
1.    Kacang panjang yang telah diiris tipis
2.    Mentimun yang diiris tipis dengan cara membelah 4 bagian mentimun
3.    Tauge sebanyak satu genggam
4.    Kol yang telah diiris tipis
5.    Terong bulat yang diiris
6.    Daun kemangi
7.    Jeruk limau
8.    Kerupuk bawang sebagai pelengkap

Setelah mengumpulkan semua bahan berikut cara membuat resep karedok betawi yang enak adalah:
Yang pertama sekali dilakukan adalah dengan membuat saus kacang terlebih dahulu dengan menghaluskan semua bahan. Setelah halus beri sedikit perasan jeruk limau, kemudian aduk rata. Bisa ditambahkan dengan sedikit air jika dirasa belum sesuai kekentalannya.

Kemudian masukkan semua sayuran lalu aduk-aduk rata sampai semua sayuran tercampur dengan saus kacang.Hidangkan karedok dengan kerupuk bawang sebagai pelengkap.