Melalui P4S, Petani Jombang Siap Maksimalkan Pembangunan Sektor Pertanian

udin abay | Kamis, 11 Mei 2023 , 23:07:00 WIB

Swadayaonline.com - Kamis, 11/5/2023 menjadi hari yang bersejarah bagi sepuluh Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) yang baru dikukuhkan oleh Ketua FK P4S Kabupaten Jombang. Kesemuanya berkomitmen menyisihkan tenaga dan waktunya turut serta membangun pertanian di Kabupaten Jombang. 

Kesepuluh P4S yang dikukuhkan merupakan hasil klasifikasi P4S oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan pada tahun 2023, diantaranya adalah P4S Perah Jaya, Rubath Kopi Jombang, Maulana Malik Ibrahim, Bejo, Srikandi, Kebun Klengkeng Suwarno, Santri Kebon, Sumber Rejeki, Sedulur Makmur, dan Damar Farm. Di kesempatan yang sama juga dilantik Ketua P4S Sedulur Tani yang baru, Wiwin Isnawati, menggantikan ketua yang lama. 

P4S berperan amat penting dalam menggerakkan pembangunan pertanian dan perdesaan. Bukan hanya sebagai pelaku utama, P4S juga menjadi pelaku usaha, bahkan penyuluh bagi petani di perdesaan.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, Indonesia merupakan tanah surgawi, di mana airnya terus mengalir, mataharinya terus memberikan nutrisi untuk tumbuh-tumbuhan.

“Apapun yang kita tanam dan kembangkan di negeri ini, pasti tumbuh dengan baik. Oleh karenanya, kita harus bermimpi besar. Dari mimpi itulah kita akan gagas masa depan bangsa ini,” kata Mentan SYL.

Menanggapi arahan Menteri Pertanian, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan), Dedi Nursyamsi mengatakan, bahwa untuk mewujudkan mimpi untuk masa depan bangsa salah satunya melalui P4S. Dimana P4S adalah pelaku utama yang bukan hanya berusaha di on farm (tanam dan panen), tapi juga sebagai pelaku usaha. 

“P4S menginisiasi bisnis pertanian dan pelopor pengolahan produk pangan yang memberikan nilai tambah untuk masa depan bangsa Indonesia, “ujarnya.

Ia menambahkan bahwa P4S tak sekadar mampu membuat produk keren, tapi juga olahannya keren. P4S merupakan pelopor dan motivator, serta motor penggerak pembangunan perdesaan. Ciri utama mereka adalah inovasi yang menonjol.

“P4S di Jombang ini terbanyak diantara kabupaten-kabupaten yang berada di Jawa Timur. Total terdapat 24 P4S di Jombang. Hal ini yang menjadi cerminan keberhasilan Pertanian Jombang. Kenapa? Karena P4S ini adalah pengusaha tani-pengusaha tani berhasil yang siap menularkan ilmu suksesnya pada pengusaha tani lain, pada masyarakat secara luas. Dan BBPP Ketindan siap bersinergi dengan pembina daerah untuk memberikan fasilitasi peningkatan kompetensi,” jelas Ajeng, Widyaiswara BBPP Ketindan, dalam sambutannya. 

P4S merupakan pusat pelatihan pertanian dan pedesaan swadaya yang memberikan layanan pengembangan SDM pertanian sesuai bidang usaha yang dijalankan. Display sarana prasarana pembelajaran lengkap, praktis, dan implementatif disajikan oleh P4S. P4S menjadi contoh kegiatan usahatani yang berhasil, yang potensial menggerakan kekuatan muda untuk bergabung melalui pendekatan-pendekatan yang pas. 

“Kami siap mensupport P4S sebagai role model-role model petani berhasil di Kabupaten Jombang, mendukung percepatan pembangunan pertanian dan ketahanan pangan di Jombang. Termasuk dengan pendekatan digitalisasi untuk menjaring minat generasi muda” urai Much Rony, Kepala Dinas Pertanian Kab Jombang. 

P4S menjadi pusat pembelajaran bagi petani, yang dapat menggerakan ekonomi dan sosial masyarakat pedesaan. 

“Kami siap mendukung program-program Kementan melalui BPPSDMP, menjadi mitra pembangunan pertanian, dan bersinergi dengan pemerintah daerah. Kami juga perlu dukungan peningkatan dan sertifikasi kompetensi supaya bisa makin berdaya saing. Memberikan layanan-layanan terbaik mendukung kinerja penyuluhan secara swadaya,”pungkas Muc. Rony. SMR/YNI