Sharing Knowledge Petani Jeruk JIFSI Raup Keuntungan Maksimal

udin abay | Minggu, 31 Desember 2023 , 20:57:00 WIB

Swadayaonline.com - Kelompok petani jeruk tanpa musim dari JIFSI menanam jeruk lemon California karena dinilai lebih menguntungkan. Disamping tanaman musiman seperti cabai, tomat, dan sayuran lainnya,  menanam jeruk lemon digunakan juga sebagai tanaman pagar dan pelindung dari pencurian jeruk lemon yang sangat multi fungsi dan keuntungan yang didapat sangatlah menggiurkan.    

Bisnis jeruk lemon prospeknya cukup cerah dan peluang pasarnya luas. Selama ini permintaan cukup banyak, namun produksi jeruk lemon dari petani belum mampu memenuhi tingginya permintaan tersebut, para petani-petani hanya bisa mengisi pasar dalam negeri sebesar 20% nya saja, dan hal ini juga sudah cukup bagus. Pendorong tingginya permintaan yakni karena pertumbuhan kuliner dan perkembangan restoran di kota-kota besar di tanah air cukup pesat, sehingga berdampak signifikan terhadap permintaan jeruk lemon.

Tingginya permintaan jeruk lemon, juga menjadi peluang bagi petani JIFSI. Tak heran jika bisnis hortikultura yang dikembangkan oleh kelompok petani JIFSI Ngantang mulai dari usaha penjualan benih hingga buah jeruk lemon segar meningkat tajam. Karena peluang pasarnya sangat luas, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan  menyelenggarakan pelatihan bagi petani  dalam peningkatan kapasitas petani se-Jawa Timur dengan kunjungan dan praktek lapang di petani JIFSI Ngantang.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Pertanian SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi, Kementerian Pertanian terus mendukung seluruh kegiatan pertanian dari berbagai aspek, mengupayakan lahirnya berbagai inovasi dan perluasan jejaring kemitraan pertanian melalui berbagai kegiatan dan program strategis, karena kolaborasi diperlukan untuk peningkatan kualitas SDM pertanian yang handal.

Melalui praktik lapang dan melihat langsung dilapangan yang didampingi oleh widyaiswara BBPP Ketindan, petani jeruk lemon JIFSI diharapkan membantu meningkat kapasitas peserta melalui ajang sharing di lapangan menyeluruh tentang management integrated dan sharing knowledge sehingga bisa diterapkan serta mengkombinasikan beberapa sistem yang cocok sekembalinya mereka diwilayah masing- masing.
AS/YNI