Masuki Musim Panen, Kementan Pastikan Penyuluh Lakukan Pendampingan

udin abay | Jum'at, 01 Maret 2024 , 09:54:00 WIB

Swadayaonline.com - Kementerian Pertanian  (Kementan) memastikan para penyuluh pertanian akan mengawal panen raya yang diprediksi pada Maret - April mendatang. 

Seperti yang dilakukan oleh penyuluh pertanian dari Desa Muncar, Kecamatan Gemawang, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, Dany Setyawan yang ditemui pada saat melakukan pendampingan panen padi varietas Mekongga di Kelompok Tani (KT) Sarwi Dadi, Desa Muncar Kec. Gemawang, Kab. Temanggung beberapa waktu yang lalu.

 "Untuk memudahkan panen kali ini, kami  menggunakan alat power thresher multiguna", ujarnya. Hal ini tentunya untuk mempermudah proses panen dan penggunaan alat power thresher multiguna tidak hanya meningkatkan efisiensi waktu dan tenaga petani tetapi juga memastikan kualitas gabah yang dihasilkan tetap terjaga.

Dengan luas panen sekitar 5 hektar diperoleh hasil ubinan mencapai 4,6 ton per hektar, diprediksi produksi mencapai 38,4 ton Gabah Kering Panen (GKP), ucap Dany lagi.

Dany menjelaskan bahwa saat ini kita berusaha mengadopsi teknologi yang dapat membantu petani dalam proses panen. Dengan alat power thresher multiguna, tidak hanya mempercepat panen, tetapi juga mengurangi risiko kerugian akibat kerusakan gabah selama proses pemisahan.

Selain itu, pendampingan tidak hanya terbatas pada proses panen, tetapi juga melibatkan pemberian informasi dan pelatihan terkait manajemen pasca panen.

Dany juga menjelaskan kepada para petani di wilayajnya tentang teknik pengeringan dan penyimpanan gabah untuk memastikan kualitas yang optimal.

"Karena kunci kesuksesan tidak hanya pada saat panen, tapi juga dalam bagaimana kita menjaga kualitas gabah setelah panen". Dengan pemahaman yang baik tentang manajemen pasca panen, petani dapat mengurangi kerugian dan meningkatkan nilai jual hasil panennya, tutup Dany.

Para petani di Kelompoktani Sarwi Dadi merasa sangat terbantu dengan pendampingan Dany Setyawan. Mereka menyatakan apresiasi atas upaya penyuluh pertanian dalam membimbing mereka menuju panen yang sukses dan efisien.

Kami sangat berterima kasih kepada Dany yang telah membimbing kami dengan penuh dedikasi. Dengan bantuan teknologi dan pengetahuan yang diberikan, panen kali ini berjalan lancar dan hasilnya memuaskan, ungkap Ketua Kelompoktani Sarwi Dadi.

Keberhasilan panen padi varietas Mekongga ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan petani di Desa Muncar serta memberikan contoh positif bagi kelompok tani lainnya. NF