Kembali Dibuka Beasiswa Sawit, Kali Ini Kuota 3000 Orang

udin abay | Minggu, 14 April 2024 , 10:27:00 WIB

Swadayaonline.com - Kementerian Pertanian melalui Direktorat Jenderal Perkebunan berkolaborasi dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) kembali membuka seleksi Beasiswa Pengembangan Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit (SDMPKS) 2024. Pendaftaran beasiswa ini dibuka mulai dari tanggal 5 April hingga 24 Mei 2024, tahun ini kuota 3000 orang, dan gratis tidak dipungut biaya.

Direktur Jenderal Perkebunan Andi Nur Alam Syah mengatakan, program beasiswa sawit dengan dukungan dari BPDPKS ini memberikan kesempatan pendidikan, khususnya bagi yang terlibat langsung dalam industri kelapa sawit, sekaligus bukti komitmen pemerintah dalam mengembangkan SDM yang berkualitas di sektor perkelapasawitan Indonesia. 

"Beasiswa ini merupakan beasiswa yang dirancang untuk menghasilkan SDM unggul di bidang kelapa sawit. Diharapkan melalui program pendidikan ini, lulusan SDM beasiswa kelapa sawit akan memperkuat industri kelapa sawit Indonesia, dan perkelapasawitan Indonesia dapat terus berkembang secara berkelanjutan serta memberikan manfaat sosial dan ekonomi bagi masyarakat," ungkap Andi Nur.

Sebagai informasi fasilitas beasiswa yang diberikan berupa biaya transportasi dari rumah ke kampus (Pergi-Pulang/PP), uang saku, uang buku, biaya pendidikan, magang di perusahaan kelapa sawit, sertifikasi kompetensi dan biaya wisuda.

“Kami berharap program ini dapat terus mencetak generasi muda pekebun sawit yang dapat terus secara konsisten meningkatkan industri perkelapasawitan di Indonesia dan dunia,” harap Andi Nur.

Lebih lanjut Andi Nur mengatakan, tahun 2024 ini merupakan tahun ke-4 kerjasama Direktorat Jenderal Perkebunan dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), yang dimulai tahun 2021, hingga saat ini, total mahasiswa yang mendapat beasiswa sebanyak 3.660 orang pada jenjang D1, D2, D3, D4 dan S1. Ke depan, akan dibuka jenjang S2 dan S3. Humas Ditjenbun