OPIS (Obat Pisang) Solusi Terkini Penanganan Pembusukan Tanaman Musa Acuminata

udin abay | Selasa, 15 Januari 2019 , 15:56:00 WIB

Swadayaonline.com - Instalasi Proteksi Tanaman sebagai salah satu departemen di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan telah berhasil menemukan suatu formulasi pestisida nabati yang dapat mengobati dan mencegah busuk tanaman pisang (Musa acuminata) yang diakibatkan oleh serangan bakteri dan fusarium pada Selasa (15/1/2019) siang.

Penemuan formulasi pestisida nabati ini dilatarbelakangi oleh masalah yang sering dikeluhkan masyarakat. Masalah yang dijumpai ialah ditemukannya pembusukan pada bagian batang tanaman pisang yang diakibatkan oleh serangan bakteri dan fusarium.

Ciri-ciri tanaman pisang yang terserang oleh bakteri adalah adanya perubahan warna menjadi kekuningan pada bagian daun yang sudah tua dan pembusukan pada bagian batang serta mengeluarkan cairan sehingga batang bertekstur basah. Gejala yang dapat dilihat pada tanaman pisang yang terserang oleh fusarium hampir sama dengan gejala busuk daun yang disebabkan oleh bakteri, yaitu daun akan mengalami perubahan warna menjadi kekuningan. Namun batang yang mengalami pembusukan memiliki tekstur yang kering (kisut) serta tidak berbau karena batang tanaman pisang tidak mengeluarkan cairan.

“OPIS (Obat pisang) dapat mengobati dan mencegah penyakit busuk tanaman pisang (Musa acuminata) yang disebabkan oleh serangan bakteri dan fusarium. OPIS itu sendiri memiliki kemasan yang sederhana dan menarik. Hanya dengan perpaduan 1 ml OPIS dengan 10 ml air bersih sudah dapat langsung digunakan untuk penanganan satu tanaman pisang (Musa acuminata) yang mengalami kebusukan” terang Juniawan.

Cara penggunaan OPIS sangatlah mudah yakni hanya dengan memasukan campuran OPIS dan air bersih yang sudah dibuat pada alat suntikan dengan takaran 10ml. Kemudian menyuntikkannya pada batang tanaman pisang yang mengalami kebusukan dengan lokasi sasaran tepat satu jengkal dari permukaan tanah dengan sudut kemiringan 45O, suntikan dapat dilakukan lurus kedalam maupun agak menyamping.

Reaksi yang diberikan oleh formulasi pestisida nabati tersebut dapat dilihat 2 minggu setelahnya. Dengan diberikannya OPIS pada tanaman pisang yang mengalami kebusukan dapat memperbaiki pertumbuhan tanaman pisang menjadi lebih baik dan juga meningkatkan produktifitas tanaman. SY/YNI