Pengiriman Perdana Bibit Kambing Perah Saanen

udin abay | Jum'at, 06 Mei 2016 , 22:08:00 WIB

Swadayaonline - Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BBPTU HPT) Baturraden melakukan pengiriman perdana bibit kambing perah saanen di farm kambing Limpakuwus Baturraden. Bibit kambing perah tersebut di serahkan kepada anggota Asosiasi Peternak Kambing Perah Indonesia (ASPEKPIN).

BBPTU HPT Baturraden merupakan salah satu Unit Pelaksana Teknis Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH) yang mendapatkan Tugas dan Fungsi perbibitan ternak perah, sesuai dengan Permentan Nomor 55 Tahun 2013 sebagai fungsi pelaksana penyebaran, distribusi, pemasaran dan informasi hasil produksi bibit ternak unggul sapi dan kambing perah bersertifikat serta hasil ikutannya dan hijauan pakan ternak. (30/4/16)

Kambing saanen merupakan jenis kambing perah yang tubuhnya termasuk besar, jenis jantannya bisa mempunyai berat kira-kira 90 kg dan betina 60kg. Kambing saanen betina memproduksi susu sampai dengan 3.8 liter per hari, yang kandungan lemak susunya bisa mencapai 2.5% – 3%. Sama dengan kambing Alpines, kambing saanen ini dipelihara sebagai kambing perah yang popular di Eropa. Per tahunnya kambing saanen betina dapat menghasilkan anak 1 – 2 ekor.

Pada acara tersebut juga dilakukan penandatanganan kesepatakan kerjasama antara BBPT-UHPT Baturraden dan ASPEKPIN mengenai pengembangan pembibitan kambing perah di Indonesia. Kepala BBPTU HPT Baturraden, Sugiono mengatakan dengan terjalinnya kerjasama ini menjadi suatu langkah awal yang baik untuk penyebaran kambing perah saanen keseluruh wilayah Indonesia.

Sugiono berharap terjalinnya kerjasama ini menjadi suatu langkah awal yang baik untuk penyebaran kambing perah saanen keseluruh wilayah Indonesia, selain juga untuk mendukung peningkatan mutu bibit kambing perah khususnya saanen sehingga mengurangi terjadinya inbreeding (perkawinan sedarah). SY