Pattallasang Poultry Farm Siap Penuhi Kebutuhan Telur Omega 3 di Sulsel

udin abay | Sabtu, 20 April 2019 , 20:15:00 WIB

Swadayaonline.com - Dirintis mulai 4 bulan yang lalu, Pattallasang Poultry Farm telah berproduksi 1,5 bulan dengan hasil 85% atau sekitar 850 butir perharinya. Dalam waktu yang cukup singkat ini Pattallasang Poultry Farm telah berhasil melalui uji komposisi omega dari Succofindo Surabaya. Uji komposisi omega menyatakan bahwa kandungan omega 3/100 gram telur 142 mg. Telur biasa memiliki kandungan omega 100 mg. Banyak kandungan dan manfaat yang terkandung dalam telur omega 3. Selain bebas sarmonela,antibiotik dan mengandung antioksidan yang sangat tinggi, omega 3 sangat baik dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan bagi gizi anak-anak,remaja hingga usia dewasa.

Pada saat kunjungan ke Pattallasang Poultry Farm awal April yang lalu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman mengajak langsung masyarakat sekitar untuk mencicipi telur omega tiga. Kepala Balai Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu, Wasis Sarjono selaku penanggung jawab menjelaskan bahwa, "Dimulai dengan membudidayakan 1000 ekor ayam petelur umur 13 minggu, pada umur 19-20 minggu ayam mulai berproduksi. Begitu ayam berproduksi 5%, kita berikan pakan yang mengandung omega 3. Pada umur pemberian pakan omega 3 15 hari, telur sudah dapat diujikan",jelas Wasis.

Ia menambahkan, "Bila dipelihara lebih baik, masa produksi ayam ini bisa mencapai 16-18 bulan setelah itu ayam dijual untuk kebutuhan ayam potong". Saat ini pemasaran masih dilakukan secara curah kepada masyarakat sekitar dengan hargaRp. 1500,-/ butir. Kedepan setelah mendapatkan lisensi omega akan dipasarkan ke pasar modern dengan harga minimal Rp.3000,-/butir. Pemilihan lokasi ini karena lahan luas, jauh dari pemukiman dan kebisingan lalu lintas. Sumber introduksi,sosiasisasi kepada masyarakat tentang nilai-nilai nutrisi yang terkandung dalam telur omega 3 yang saat ini belum tersedia di Sulawesi. Pattallasang Poultry Farm ini diharapkan menjadi embrio peternakan telur omega 3 yang dapat dikembangkan di Sulawesi.

Selain itu, Pattallasang secara nyata menjadi media sosialisasi efektif dimana masyarakat dapat datang langsung melihat proses beternak telur omega 3 dan membeli telur omega 3 secara langsung. SY/NL