Menumbuhkan Santripreneur Bidang Peternakan Melalui Bimtek KSTM

udin abay | Kamis, 17 Oktober 2019 , 07:31:00 WIB

Swadayaonline.com - Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan kembali gelar Bimbingan Teknis (Bimtek) peningkatan kompetensi dalam rangka menumbuhkan Kelompok Santri Tani Milenial (KSTM) di bidang peternakan pada tanggal 14-15 Oktober 2019 di Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya.

Dibuka secara langsung oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan, Ir. Sumardi Noor  M.Si dan didampingi oleh Kasi Pelatihan Non Aparatur, Ridwan Wardiana, M.Si dan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya dihadiri oleh Kepala Seksi Pengembangan Usaha Peternakan, drh.Gagat Prahino HS, M.Si. Hadir juga tim fasilitator penyuluh dari 3 kecamatan lokasi KSTM yaitu dari Kecamatan Sambikerep, Benowo dan Kenjeran.

Dalam arahannya,  Kepala Balai menyampaikan, "Saya berharap SDM KSTM setelah mengikuti bimtek ini dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan teknis tentang peternakan ayam buras dan para santri tani milenial dapat menjadi entrepreneur di pondoknya sehingga dapat mengembangkan pembangunan pertanian di wilayahnya".

Sedangkan menurut Gagat Prahino, selaku perwakilan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya menyampaikan, setelah bimtek ada tindak lanjut untuk pendampingan ke KSTM yg melibatkan penyuluh dari 3 kecamatan okasi KSTM dan rencana ada bantuan mesin tetas dari dinas untuk 3 KSTM di Kota Surabaya.

Peserta KSTM dari Kota Surabaya yaitu dari Madzahibul Arba-ah Kecamatan Kenjeran, Ar- Riyadloh Nurul Iman Kecamatan Sambikerep dan Al-Tatich Kecamatan Benowo, kesemua berjumlah 30 orang atau masing-masing KSTM 10 orang. SY/YNI