From Lokal To Global, Chococraft Siap Bersaing Dengan Produk Colekat Impor

udin abay | Selasa, 29 Oktober 2019 , 15:22:00 WIB

Swadayaonline.com - Tak kalah dari kopi Indonesia yang telah dikenal di luar negeri. Kakao Indonesia termasuk yang terbaik di dunia. Namun sayangnya kenyataannya ini tidak banyak diketahui masyarakat di tanah air. Masyarakat Indonesia kebanyakan mengenal olahan akhir dari cokelat yang berasal dari luar negeri.  Lucunya lagi,  masyarakat indonesia lebih bangga membeli produk cokelat dari luar negeri dibanding produk dalam negeri.

Berawal dari  rasa prihatin karena Indonesia hanya mampu mengekspor biji kakao padahal Indonesia merupakan negara penghasil kakao terbesar ke 3 didunia setelah Pantai Gading dan Ghana, A.  Dwi Sartika Rahim memilih  fokus untuk menambah nilai jual kakao melalui proses pengolahan. Generasi millenial kelahiran tahun 1990 yang memiliki latar belakang pendidikan S1 dan S2 jurusan Pertanian ini  bertekad  untuk memperkenalkan produk cokelat Indonesia dengan merek  Chococraft yang memiliki  rasa yang luar biasa nikmat serta kualitas premium kepada  masyarakat Indonesia dan juga Dunia.

Memulai usaha pada tahun 2014, kini ia telah mampu mempruduksi 20kg cokelat olahan setiap bulannya. Memegang motto From Lokal to Global  ia mengolah  biji kakao 100% fermentasi Sulawesi tengah ini menjadi panganan yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh.  Walaupun cokelat mengandung lemak jenuh, namun penelitian dari para Ahli Tekhnologi Hasil Pertanian Universitas Tadulako  menyatakan  bahwa kolesterol akan tetap diikat menjadi HDL. Tak hanya itu, cokelat dipercaya mampu mengurangi kolesterol didalam darah,  mencegah pengendapan LDL didalam pembuluh darah sehingga menghindari penyakit penyempitan didalam darah, mencegah strok/tekanan darah tinggi,  bersifat antioksidan, mencegah penyakit jantung hinga 60%.

Kalau dulu masyarakat indonesia lebih bangga membeli produk cokelat dari luar negeri dengan harga selangit padahal biji kakaonya dibeli dari Indonesia, kini kita harus bangga mengkonsumsi cokelat produksi dalam negeri.  

 “Sudah  banyak yang memberikan  testimoni bahwa Chococraft atau yang lebih dikenal dengan cokelat sulteng memilki keunggulan dari segi rasa. Bahkan  seorang turis dari Rusia mengatakan  This is the best chocolate I've ever eaten”, ucap Dwi bangga.  Hal inilah yang menambah keyakinannya bahwa cokelat dari Sulawesi khususnya dan daerah lain di Indonesia pada umumnya mampu untuk bersaing dengan produk impor. SY/NL