Penyuluh Siap Dampingi Pengembangan Perbenihan Jagung Hibrida Berbasis Korporasi

udin abay | Jum'at, 20 Desember 2019 , 18:31:00 WIB

Swadayaonline.com - Dalam rangka koordinasi dan evaluasi pelaksanaan pengembangan perbenihan jagung Hibrida Berbasis Korporasi Petani, Ir Leli Nursanti sebagai Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian BPPSDMP dalam kesempatan sebagai salah satu  narasumber, menyampaikan bahwa Pusat Penyuluhan Pertanian siap mendukung pengembangan perbenihan jagung hibrida  berbasis korporasi melalui penumbuhan 534 kostratani tahun 2019, terdiri dari 400 kostratani, 100 kostrada dan 34 kostrawil. BPP sebagai pusat komando pembangunan pertanian menuju pertanian yang Maju, Mandiri dan Modern sehingga diharapkan mampu memenuhi pangan sebanyak 267 juta jiwa masyarakat Indonesia serta meningkatkan ekspor komoditas unggulan baik  pangan maupun non pangan.

Keberhasilan pembangunan pertanian melalui Kostratani harus didukung oleh seluruh insan pertanian melalui membentuk berbagai brigade yang  memiliki tugas tupoksi masing-masing dengan pengelolaan usahatani berbasis agribisnis dari on sampai off farm secara optimal. 

Lebih jauh Kapusluh mengharapkan direktorat perbenihan Ditjen Tanaman Pangan dalam menentukan calon lokasi dan petani pengembangan perbenihan jagung hibrida tersebut dapat disinkronkan dengan lokasi kostratani serta perlu  dukungan  bimbingan teknis perbenihan mulai dari on farm sampai dengan off farm bagi petani maupun penyuluh. Pengawalan dan pendampingan yang  dilakukan secara bersama-sama dengan Kementerian dan Kelembagaan terkait lainya akan memberikan hasil yang maksimal. SY/LNE