Manfaatkan Sari Jagung Sebagai Minuman, Jualan Siswa Prakerin Laris Manis

udin abay | Selasa, 28 Januari 2020 , 08:39:00 WIB

Swadayaonline.com - Jagung manis adalah salah satu tanaman favorit untuk diolah menjadi olahan bakwan, sup jagung dan olahan seperti jenang jagung.  Beberapa produk olahan yang telah dikembangkan oleh masyarakat banyak sekali yang bernilai ekonomis tinggi. Di laboratorium pengolahan hasil pertanian BBPP Ketindan,  beberapa siswa prakerin dari jurusan TPHP dengan bimbingan widyaiswara dan petugas laboratorium pengolahan hasil membuat olahan dari jagung manis. Olahan tersebut berupa sari jagung dengan mengambil perasan air jagung untuk diolah menjadi minuman,  sedangkan ampas jagung diolah menjadi cake brownies jagung. 

Uji rasa yang dilakukan oleh siswa prakerin membuat banyak orang ingin produk ini dibuat lagi. Alhasil menjadi pemicu semangat siswa prakerin membuat lagi dan dijual ke pegawai di BBPP Ketindan.  Minuman sari jagung yang dikemas sederhana ini ternyata memikat banyak orang. Selain rasanya jagung banget, minuman ini juga segar dan mengenyangkan hampir sama dengan minuman sari kedelai. Tak kurang dari 30 menit minuman sari jagung dan cake brwonies yang berasal dari 2 kilo jagung ludes dibeli oleh pegawai di BBPP Ketindan. 

Selain mengajarkan berbagai macam produk olahan,  para pembimbing dari BBPP Ketindan juga mengajarkan bagaimana menganalisa usaha tani semua produk yang mereka buat. Agar mereka bisa rugi laba dari modal dan hasil yang mereka produksi. SY/YNI