Pelatihan Manajemen Bagi Pengelola BPP Upaya Kuat Mendukung Program Kostratani

udin abay | Rabu, 19 Februari 2020 , 08:26:00 WIB

Swadayaonline.com - Program Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) merupakan ikon Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) di tahun 2020-2024. Selain itu BPPSDMP juga menetapkan 2 program aksi lainnya yaitu penyuluhan, pendidikan dan pelatihan vokasi mendukung penumbuhan pengusaha pertanian milenial serta mendukung program utama Kementan. Salah satu kegiatan unggulan dari Kostratani tersebut adalah menguatkan fungsi Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di kecamatan sebagai basis data dasar, pusat pemberdayaan, pusat informasi dan teknologi serta pusat inkubator agribisnis. Tentu untuk mendukung maksud mulia tersebut diperlukan pengelolaan manajemen yang bagus. Mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan kontrol/ pengawasan.  

Peran Kostratani sangat strategis dalam mendukung keberhasilan pembangunan pertanian di kecamatan. Penyelenggaraannya dilakukan di BPP yang eksisting sebagai tempat pemberdayaan pelaku utama dan pelaku usaha dalam peningkatan kemampuan, penumbuhan motivasi, pengembangan potensi, pemberian peluang usaha, peningkatan kesadaran, pendampingan serta fasilitasi inovasi baru dan pusat informasi. 

Menurut Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi, “Simpul gerakan yang sangat strategis dalam mendukung keberhasilan pembangunan pertanian adalah melalui koordinasi, sinergi, dan penyelarasan kegiatan pembangunan pertanian akan berpusat di kecamatan melalui Kostratani”.
Menurutnya, kebijakan pemerintah dalam pembangunan pertanian saat ini melalui Kostratani sebagai gerakan pembaruan pembangunan pertanian nasional berbasis teknologi informasi (TI).

Perluasan peran BPP sebagai basis data pertanian dan penyuluh serta petugas pertanian lainnya dalam Brigade Pembangunan Pertanian dibutuhkan pemenuhan sarana prasarana informasi teknologi dan pelatihan. Guna mendukung program strategis Kostratani dan meningkatan kemampuan kompetensi pimpinan BPP secara profesional sesuai kompetensi jabatan, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan melaksanakan pelatihan manajemen bagi pengelola BPP. Kepala BBPP Ketindan, Sumardi Noor membuka secara resmi pelatihan manajemen bagi pengelola BPP angkatan I dan II dari 4 angkatan yang direncakan. Pelatihan ini sendiri diikuti oleh 60 orang dan masing-masing angkatan 30 orang. Untuk angkatan I dan II dilaksanakan tanggal 18-22 Februari 2020. Selanjutnya akan dilaksanakan angkatan berikutnya di bulan Maret. SY/YNI