Pemkab Probolinggo dan Alumni Magang Jepang Kerjasama Siapkan Pemuda Tani Milenial

udin abay | Kamis, 20 Februari 2020 , 20:27:00 WIB

Swadayaonline.com - Bupati Probolinggo P.Tantriana Sari didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Nanang Trijoko Suhartono menemui dua orang Petani Millenial Indonesia binaan Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan yang berada dibawah Pusat Pelatihan Pertanian, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Kementrian Pertanian RI dan merupakan alumni pelatihan dan magang di Jepang pada tahun 2011, pada Senin (17/03) di ruang kerja Bupati Probolinggo. 

Petani milenial tersebut adalah Rahmad Yogi Samantha dan Mursyid Rusmana pemuda asal Desa Karanganyar Kecamatan Paiton, Probolinggo yang selama ini dibina oleh BBPP Ketindan. Keduanya berjuang merintis dunia pertanian yang telah banyak ditinggalkan oleh pemuda disekitar mereka. Yogi bahkan telah bersungguh-sungguh sebagai seorang petani muda yang mengaplikasikan ilmu yang telah dia dapat selama magang di Jepang. Alhasil dia dipercaya bekerjasama dengan PT. Pomi Paiton yang juga fokus terhadap pengembangan wirausaha muda. 

Dari pengalaman usaha tani dan kegigihannya,  Yogi telah menularkan kepada adik-adiknya,  tetangga dan siswa sekolah untuk terjun ke dunia pertanian. Yogi juga telah menorehkan sejarah menjadi Pemuda Pelopor Nasional dan diberikan penghargaan oleh Presiden Joko Widodo tahun 2015. Dan menginspirasi banyak pemuda untuk menekuni dunia pertanian. Lambat laun Yogi juga mendirikan Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S)  dengan nama "Yoganik". P4S inilah yang menjadi cikal bakal tempat permagangan bagi pelaku dunia pertanian organik,  dan ini telah dibuktikan dengan sertifikasi organik dari BNSP. 

Pertemuan antara Rahmad Yogi dan Bupati Probolinggo serta Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Probolinggo adalah untuk membahas rencana kerjasama antara Pemerintah Kabupaten Probolinggo dan P4S "Yoganik" dalam rangka pengembangan SDM para pemuda Kabupaten Probolinggo dalam dunia usaha pertanian. Dan rencana kerjasama tersebut akan diimplementasikan segera di tahun 2020 ini, kata Yogi saat dihubungi oleh pihak BBPP Ketindan. SY/YGI/YNI