Polbangtan YoMa Gelar Workshop dan Review Dokumen Penjaminan Mutu

udin abay | Kamis, 27 Februari 2020 , 21:11:00 WIB

Swadayaonline.com - Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) telah mencanangkan program utama pembangunan pertanian Indonesia yang Maju, Mandiri dan Modern. Guna mendukung hal tersebut, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan telah menyiapkan 3 Program Aksi yaitu, Gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani), penyuluhan pendidikan vokasi dan pelatihan mendukung petani pengusaha milenial untuk.meningkatkan tiga kali lipat ekspor komoditas pertanian.

Untuk mendukung program tersebut, Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Yogyakarta Magelang (YoMa) gelar Workshop dan Review Dokumen Penjaminan Mutu di Hotel Innside Maguwoharjo, Senin hingga Rabu (24 – 26 Februari 2020). Kegiatan ini diikuti oleh semua unit di lingkup Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Direktur I bidang Akademik, Dr. Ananti Yekti,S.P.,M.P. Ananti menyampaikan, semua unit di Polbangtan Yoma wajib mengetahui dokumen-dokumen yang terdapat pada penjaminan mutu, sehingga budaya mutu dapat terinternalisasi pada setiap unit.

Arahan juga disampaikan oleh Kepala Penjaminan Mutu, Dr. Rr.Siti Astuti,S.P., M.Sc. Menurut beliau, kegiatan ini bertujuan untuk melakukan review terhadap dokumen kebijakan mutu, manual mutu dan standar mutu Polbangtan Yoma guna memenuhi tuntutan peningkatan mutu pendidikan dan dalam mempersiapkan akreditasi program studi baru di tahun 2020. 

Hadir sebagai narasumber Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc, Plt Direktorat Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan; Utik Bidayati, S.E., M.M, kepala Badan Penjaminan Mutu Universitas Ahmad Dahlan dan Ratih Ayuninghemi,S.ST., M.Kom, koordinator penjaminan mutu Politeknik Negeri Jember.

Dengan adanya revitalisasi politeknik di era sekarang ini, diharapkan program kampus merdeka politeknik dapat mempermudah mahasiswa, mempermudah dosen dan mempermudah institusi, ungkap Dr. Ir. Patdono Suwignjo, M.Eng.Sc, pada pertengahan sesi pemaparan mengenai Kebijakan Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi. SY