Wujudkan Petanian Maju, Mandiri, dan Modern, Polbangtan YoMa Lakukan Bimtek Petani Milenial Kebumen

udin abay | Jum'at, 28 Februari 2020 , 21:41:00 WIB

Swadayaonline.com - Kementerian Pertanian tengah gencar melakukan konsolidasi program utamanya yaitu kostratani, pengembangan pengusaha petani milenial melalui pendidikan dan vokasi dan bimtek serta peningkatan ekspor komoditas pertanian empat kali lipat dalam jangka waktu lima tahun.

Dalam rangka mendukung pengembangan petani pengusaha milenial, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta untuk meningkatkan kemampuan petani yang maju, mandiri dan berdaya saing. Untuk itu, Politeknik Pembangunan Pertanian Yogyakarta Magelang (Polbangtan YoMa) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Petani Milenial Kabupaten Kebumen tahun 2020 sebagai bentuk tindak lanjut Rakor Petani Milenial tanggal 7 Februari 2020 di Dinas Pertanian dan Pangan Kebumen tanggal 24-25 Februari 2020.

Kegiatan Bimtek dihadiri pihak Polbangtan YoMa, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, Koordinator KJF Dinas Pertanian dan Pangan Kebumen, dan peserta Petani Milenial kelompok hortikultura Kabupaten Kebumen. Kegiatan Bimtek dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen.

Dalam sambutanya Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen mengatakan kepada petani milenial untuk dapat sukses. Menurutnya, ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu jangan gengsi bisnis pertanian, manfaatkan jaringan online, dan membaca potensi yang ada di daerah.

Kegiatan Bimtek Petani Milenial juga mengundang beberapa narasumber, pakar, dan pelatih diantaranya Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen, Koordinator KJF dan Kepala Bidang Tanaman Hortikultura dan Perkebunan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen.

Pada hari kedua peserta bimtek melaksanakan secara langsung praktik pembuatan pupuk organik yang dipandu oleh pelatih Bapak Dalkum dari P4S Kabupaten Kebumen, jal tersebut bertujuan untuk dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada peserta Bimtek. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan praktik pemanfaatan limbah diapers sebagai media tanam dan pupuk tanaman hias/tahunan yang dipandu oleh pelatih Bapak Mulyo Widiastomo.

Secara keseluruhan kegiatan Bimtek penumbuhan dan Penguatan Petani Milenial Kebumen tahun 2020 berjalan lancar dengan harapan dapat memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada peserta sehingga dapat menumbuhan semangat petani milenial untuk membangun pertanian Indonesia khususnya Kabupaten Kebumen.

Salah satu panitia dari Polbangtan YoMa, Bagus Prasetia, S.TP., MP mengatakan, kedepannya Polbangtan YoMa akan terus mendampingi kegiatan Petani Milenial Kabupaten Kebumen dengan melakukan kegiatan monitoring evaluasi dan supervisi agar apa yang ditargetkan Kementerian Pertanian yaitu membangun 2,5 juta petani milenial dapat tercapai dan mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern. SY