Petani Milenial Siapkan Minuman Vitamin C Bagi Tenaga Medis Melawan Covid-19

udin abay | Rabu, 01 April 2020 , 09:21:00 WIB

Swadayaonline.com - Duta Petani Milenial, Rizal Fareza (29) dan adiknya Muhammad Ridwan (24) menyuplai minuman Vitamin C sirup lemon Garut bagi tenaga medis di rumah sakit umum daerah yang ada di kabupaten Garut.   Menteri Pertanian (SYL) SyahruI Yasin Limpo mengatakan ini adalah bukti bahwa pertanian menjadi penyelamat bangsa terutama disaat pandemi covid-19.  Melalui pertanian bangsa Indonesia dapat meningkatkan pertahanan tubuh terhadap penyakit Covid-19. 

Arahan Mentan SYL dipertegas oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSMDP) Prof. Dedi Nursyamsi bahwa “Petani dan penyuluh terus bekerja untuk menyediakan pangan bagi rakyat Indonesia. Tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan WHO dengan menjaga jarak 1 meter saat bekerja, sering mencuci tangan juga menghindari menyentuh muka terutama hidung mulut dan mata”.  

Rizal duta milenial founder kebun edukasi Eptilu, nama yang berasal dari saduran logat sunda F3 (Fresh From Farm) bersama adiknya Ridwan berkolaborasi dengan Pak Ade produsen Sirup lemon Garut (Rizky food).  Kerjasama ini memberdayakan ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) Putri Sawargi Garut dan menghasilkan  produk sirup lemon Garut dan Pure lemon Garut yang kemudian didistribusikan bersama Eptilu.

Dengan berbagai macam jejaring yang dimiliki kang Ridwan (Eptilu). “Alhamdulillah produk sirup lemon Garut VIT C tersebut bisa di terima oleh konsumen dari berbagai instansi, perguruan tinggi dan momentumnya terjadi di saat pandemic covid 19” Ujar Rizal menceritakan keberhasilan adiknya memasarkan  sirup lemon Garut VIT C.

Ide pemasaran sirop lemon ini di respon positif oleh pihak manajemen rumah sakit umum daerah yang ada di kabupaten Garut.  Pihak rumah sakit memesan 600 botol pada orderan pertama untuk tenaga medis, dokter, perawat, relawan yang berjuang melawan pandemi covid 19. Sebagai minuman  penambah imunitas atau imun booster sumber vitamin C tinggi.

“Bersyukur dari orderan tersebut diikuti oleh orderan dari berbagai pihak lainya” Ujar Rizal dan “Semoga dengan momentum ini, dalam melawan pandemi covid 19, petani  buah lemon dan jeruk di garut terus dapat berproduksi, produsen minuman lemon lokal Garut dapat berkembang memberdayakan kelompok wanita tani.  dan terlebih lagi para relawan, tenaga medis memperoleh asupan minuman vit C buah lemon sebagai penjaga imun mereka. SY/PRBU/RZA