Cegah Corona, Inilah Protokol Pertanian di Lapangan

udin abay | Senin, 06 April 2020 , 16:05:00 WIB

Swadayaonline.com - Di tengah pandemi virus corona (Covid-19), pemerintah terus memastikan ketersediaan pangan. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian Dedi Nursyamsi saat jumpa pers pertengahan bulan lalu mengatakan sektor pertanian harus terus berjalan. Dedi menegaskan, pembangunan pertanian tidak boleh berhenti.

Protokol pertanian di lapangan telah disiapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Pertanian, agar petani tetap bisa berproduksi. Untuk mencegah penularan virus, para petani dianjurkan mengikuti protokol tersebut. Berikut adalah daftar protokol pertanian di lapangan untuk cegah Covid-19.

Pertama, Gunakan alat dan mesin pertanian (alsintan) untuk mempercepat dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pekerjaan di lapangan serta sebagai sarana social distancing. Kedua, pastikan selalu berada di bawah sinar matahari khususnya pada jam 10.00 s.d 11.00 pagi. Ketiga, konsumsi lebih banyak air putih, vitamin E, vitamin C, telur rebus, dan istirahat yang cukup.

Keempat, jaga jarak dengan petani lain ketika berada di saung. Kelima, funakan peralatan makan dan minum sendiri. Keenam, gunakan peralatan pertanian seperti cangkul, sabit, dll sendiri dan selalu jaga kebersihannya. Ketujuh, cuci bersih sprayer sebelum digunakan baik bagian dalam maupun luar. 

Kedelapan, bawa selalu sabun cair untuk mencuci tangan sebelum makan dan minum dan menerapkan kebiasaan hidup bersih. Kesembilan, hindari salaman dengan petani lain tapi tetap sampaikan salam ke sesama petani. Kesepuluh, hindari berkerumun ketika mengambil pupuk, benih, obat-obatan pertanian baik di toko pengecer, maupun di lahan. Lakukan secara bergantian. #pertaniancegahcorona #PertanianTidakBerhenti. SY/AHS/PUSDIK