Pertanian Tidak Berhenti, Kebutuhan Pangan Terpenuhi

udin abay | Senin, 06 April 2020 , 16:18:00 WIB

Swadayaonline.com - Pandemi Covid-19 menyebabkan mayoritas masyarakat membatasi kegiatan di tempat umum dan menerapkan physical distancing. Akibatnya, beberapa tempat usaha tutup sementara, kegiatan yang menyebabkan kerumunan massa ditunda, dan perekonomian melambat. Namun, adanya virus tersebut juga menyebabkan masyarakat lebih sadar akan pentingnya pola hidup sehat. 

Salah satu cara menjaga pola hidup sehat adalah dengan memperhatikan konsumsi makanan. Pertanian sebagai penyedia bahan pangan sumber karbohidrat, vitamin, dan protein memiliki peranan yang sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan masyarakat. Produksi bahan makanan terus berjalan tanpa kenal hari libur. 
Kementerian Pertanian dalam keadaan ini memiliki kewajiban untuk mendukung dan memfasilitasi petani guna memastikan stok bahan makanan tersedia. Beberapa langkah yang diambil Kementerian Pertanian yaitu, meningkatkan pasokan input pertanian seperti benih, pupuk, pestisida, dan obat-obatan pertanian lainnya secara cepat agar produksi terus berjalan, serta memastikan distribusi pangan secara kontinyu khususnya ke anggota masyarakat dan petani yang kurang mampu. Langkah lain yang dilakukan yaitu memperpendek rantai pasok. Petani dapat langsung memasarkan produknya di tingkat lokal, mengingat karantina wilayah sudah banyak diterapkan, atau dengan memanfaatkan layanan e-commerce. 

Kementerian Pertanian juga menerapkan protokol pertanian di lapangan. Protokol tersebut berisi himbauan untuk menggunakan alsintan yang bertujuan mempercepat dan meningkatkan efisiensi dan efektivitas pekerjaan, menjaga jarak dengan petani lain, selalu membawa sabun cair untuk mencuci tangan dan menerapkan kebiasaan hidup bersih, serta menghindari berkerumun ketika mengambil input pertanian. Diharapkan dengan adanya protokol tersebut, dapat mencegah petani terserang virus Covid-19. #PertanianTidakBerhenti #pertaniancegahcorona. SY/WRA/PUSDIK