Mengisi Waktu Ditengah Pandemi Covid-19 Dengan Olahan Pisang Menjadi Kerupuk

udin abay | Selasa, 07 April 2020 , 14:11:00 WIB

Swadayaonline.com - Pisang adalah salah satu buah tropis yang disukai banyak orang. Banyak kandungan nutrisi yang  terdapat dalam buah pisang. Buah pisang juga mempunyai kandungan potassium atau kalium, serat untuk membantu melancarkan pencernaan  dan zat besi. Selain itu pisang juga mengandung vitamin C  yang bisa meningkatkan  sistem kekebalan tubuh, vitamin B6 yang digunakan tubuh untuk menumbuhkan sel-sel baru, mangan untuk kesehatan tulang dan membantu proses metabolism dan 105 kalori. Dan jika diperhatikan pisang termasuk buah yang teksturnya lembut, rasanya manis, namun tidak segar seperti buah pada umumnya. 

Sebagai salah satu buah yang digemari oleh masyarakat, banyak variasi dari olahan berbahan dasar pisang, sepert dijadikan olahan anek keripik, kerupuk, dodol, sirup, tepung, selai dan aneka olahan lainnya. Salah satu widyaiswara di Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan, Murdani,  membuat olahan pisang yang dijadikan kerupuk. 

Beberapa tahapan yang dalam pembuatan kerupuk pisang yaitu pertama tahapan penyiapan alat dan bahan, kedua tahap pengolahan, ketiga tahanapn finishing dan terakhir pengemasan. Pada tahapan pertama semua bahan disiapkan terlebih dahulu seperti penyiapan bahan-bahannya seperti pisang, tepung tapioka, bumbu, telur, dan lain-lainnya. Buah pisang yang digunakan adalah yang matang, kemudian dilakukan pembersihan dan sortasi,  dikupas dan dibersihkan bagian tengahnya kemudian dipotong kecil kecil agar lebih mudah dihacurkan. 

Menurut Murdani hal yang terpenting setelah proses pengolahan yaitu saat tahapan pengolahan yaitu tahap pencampuran, penumbukan, pecetakan, pengukusan, pendinginan, pemotongan, penjemuran, pengeringan hingga tahap finishing yaitu penggorengan. Kerupuk yang telah kering kemudian disimpan diwadah, dengan suhu udara ruangan. Dari tahap berikut, kemudian dilakukan pengemasan menyesuaikan wadah yang digunakan, bisa dijual kering dan bisa dijual mentah. 

Disaat pandemi Covid-19 ini masih mewabah di Indonesia, salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan dirumah ialah membuat olahan pisang seperti aneka keripik dan kerupuk pisang. Sehingga bisa memberi nilai tambah ekonomi untuk keluarga. Dengan berdiam diri dirumah masyarakat tetap bisa memanfaatkaan waktu luangnya dengan berkreasi. Lawan Corona dengan olahan hasil pertanian.  SY/MDN/YNI