Hikmah Covid-19, Serbuk Jahe Merah KWT Anyelir Bahalap di Palangkaraya Kebanjiran Pesanan

udin abay | Kamis, 16 April 2020 , 09:29:00 WIB

Swadayaonline.com - Saat ini pemakaian obat tradisional yang berasal dari tanaman rimpang seperti jahe merah tidak hanya digunakan bagi mereka yang tinggal di pedesaan, namun sudah diminati pula oleh masyarakat perkotaan. Terbukti dengan meningkatnya konsumsi masyarakat perkotaan terhadap jamu tradisional maupun produk olahan dalam kemasan.

Kelompok Wanita Tani [KWT] Anyelir Bahalap adalah salah satu KWT yang mampu memaknai hikmah dari wabah virus Corona sebagai blessing in disguise [hikmah] terhadap home industry yang dipimpinnya bersama sejumlah wanita anggota KWT di Desa Kalampangan, Kecamatan Sabangau di Kota Palangkaraya.

Dukungan dan pendampingan penyuluh pertanian Lelaini mendorongnya mampu memenuhi lonjakan pesanan serbuk jahe merah berlogo Rossemi memenuhi pesanan di kotanya maupun dari luar Kota Palangkaraya. Sebelum virus Corona mewabah, rata-rata produksi 18 kg per pekan atau 62 bungkus namun kini melonjak hingga 14 kali lipat dan harus dipenuhi dalam satu pekan.

"Konsumen serbuk jahe merah Rossemi khas Palangkaraya bukan hanya warga Kalteng, tapi meluas ke Kalsel hingga Solo di Jawa Tengah dan Jakarta," kata RJ Maryatmi melalui pernyataan tertulis dari penyuluh Lelaini yang dihimpun Pusat Penyuluhan Pertanian [Pusluhtan BPPSDMP Kementan].

Penyuluh Lelaini juga mengingatkan anggota KWT Anyelir Bahalap terhadap seruan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo [SYL] kepada petani dan pelaku usaha pertanian untuk patuh pada Protokol Kesehatan WHO. "Jaga jarak. Jangan berkerumun. Kenakan masker. Rajin cuci tangan dengan sabun di air yang mengalir."

"Kepala BPPSDMP juga mengingatkan agar petani meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi, karena kemajuan pertanian suatu negara tergantung pada kemampuan SDM-nya," kata Lelaini mengutip arahan Prof Dedi Nursyamsi.

Saat ini pemakaian obat tradisional yang berasal dari tanaman rimpang seperti jahe merah tidak hanya digunakan bagi mereka yang tinggal di pedesaan, namun sudah diminati pula oleh masyarakat perkotaan. Terbukti dengan meningkatnya konsumsi masyarakat perkotaan terhadap jamu tradisional maupun produk olahan dalam kemasan.

Layak diketahui bahwa jahe memiliki aneka jenis, beberapa di antaranya memiliki khasiat lebih ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh agar tetap prima, salah satunya adalah jahe merah. Sesuai namanya, jahe merah tidak sulit dibedakan dari jahe lain. Bagian dalamnya, berwarna sedikit kemerahan dan kuning. Ukurannya cenderung lebih kecil dan saat dicicipi terasa lebih pedas ketimbang cita rasa jahe lainnya.

Ini dia 10 manfaat jahe merah yang belum banyak diketahui. Utamanya adalah meningkatkan imunitas tubuh. Sembilan khasiat lainnya adalah efektif meredakan gejala batuk dan sakit tenggorokan; mengurangi kadar kolesterol tubuh; rasa hangatnya meringankan sakit kepala; zat flanovoid-nya ampuh mengatasi rematik; layak dikonsumsi saat diet; membantu menghindari risiko penyakit jantung; baik bagi kesehatan lambung dan pencernaan; mengurangi risiko radang usus; dan meredakan penyakit asma. SY/LNE