Mentan Ingatkan Petani dan Penyuluh Perkuat Imunitas Tubuh dengan Minuman Rempah

udin abay | Minggu, 19 April 2020 , 12:05:00 WIB

Swadayaonline.com - Tugas penyuluh dan petani di lapangan tidaklah mudah, karena itu, Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo [SYL] berpesan untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan mengonsumsi olahan rimpang tanpa mengabaikan Protokol Kesehatan WHO. Tanaman rimpang dimaksud adalah empon-empon seperti sereh, kunyit, kencur, lengkuas/laos dan temulawak.

Manfaat sereh untuk kesehatan erat kaitan dengan kandungan nutrisi di dalammnya. Selain membuat citarasa masakan dan minuman menjadi lebih lezat. Sereh juga mengandung berbagai macam nutrisi yang dibutuhkan tubuh antara lain vitamin B, magnesium, kalium dan zat besi. 

Sebuah penelitian mengungkap bahwa dalam sereh terkandung beberapa antioksidan yang berperan melawan radikal bebas. Antioksidan yang terdapat pada serai diantaranya asam klorogenat, isoorientin,dan swertiajaponin. 

Sementara Jeruk nipis merupakan jenis tumbuhan yang masuk ke dalam suku jeruk-jerukan. Jeruk nipis banyak mengandung senyawa bervitamin bermanfaat untuk tubuh, khususnya C. 

Jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, b3, B5, karbohidrat, serat, lemak, protein, kalsium, zat besi, dan  asam sitrat yang membuat rasa asam. Dengan rajin meminum air perasan jeruk nipis , kandungan antioksidan  berupa flavonoid akan membantu meningkatkan imunitas sehingga tetap bugar. SY/SMRD