Daun Kari, Apotik Hidup Untuk Alternatif Imunitas Tubuh

udin abay | Rabu, 29 April 2020 , 20:13:00 WIB

Swadayaonline.com - Pandemi Covid-19 membuat masyarakat semakin memahami arti menjaga kesehatan tubuh kita. Imunitas tubuh merupakan hal yang mutlak dan prioritas untuk mendapatkan perhatian yang super ekstra. Kegiatan yang menunjang hal tersebut banyak dilakukan diantaranya berolahraga, minum suplemen maupun vitamin, dan mengkonsumsi makanan dan minuman herbal. Alternatif yang terakhir merupakan hal yang banyak dilakukan oleh masyarakat Indonesia, dimana negara kita tercinta memang ladangnya, bahkan bisa dikatakan surganya tanaman biofarmaka, tanaman rimpang, dan tanaman obat. Hal ini sejalan dengan himbauan Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk meningkatkan imunitas tubuh dengan mengkonsumsi olahan rimpang, tanpa mengabaikan Protokol Kesehatan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Tanaman rimpang yang dimaksud adalah empon-empon seperti sereh, kunyit, kencur, lengkuas/laos dan temulawak. 

Salah satu alternatif tanaman yang dapat dijadikan sebagai imunitas tubuh yaitu tanaman daun kari. Daun kari suka tumbuh di pekarangan rumah atau kebun. Pekarangan dapat menjadi apotik hidup bagi masyarakat Indonesia yang sedang dilanda wabah Covid-19. Tanaman ini mempunyai berbagai nutrisi yang bagus untuk tubuh. Dalam ekstrak daun kari per 100 gram terdapat  66,3% air, protein 1%, lemak 1%, karbohidrat 16%, serat 6,4%, mineral 4,2 %. Sedangkan mineral utama yang dikandung adalah 810 mg kalsium, fosfor 600 mg, besi 2,1 mg serta kandungan vitamin berupa karoten 12,600 μu, asam nikotinat 2,3 mg dan vitamin C sebesar 4 mg. Di samping itu juga mengandung minyak atsiri dan alkaloid.

Kandungan daun kari yang luar biasa tersebut mampu meningkatkan kualitas kesehatan sehingga dapat dipakai sebagai alternatif penguat imun tubuh. Secara umum fungsi dan manfaat daun kari untuk kesehatan adalah mengatasi anemia, menurunkan kolesterol darah (LDL), mengurangi resiko penyakit jantung, mengontrol kadar dula darah, mengurangi efek samping kemoterapi, mengobati leukimia, membantu meningkatkan kinerja dari fungsi  ginjal atau gagal ginjal, mengatasi diare, melindungi organ hati, mempunyai sifat neuroprotektif, efek anti kanker, sifat anti bakteri dan efek anti inflamasi. 

Efek dan manfaat yang luar biasa dari daun kari tidak memerlukan biaya mahal, tetapi dapat diambil dari pekarangan rumah. Terutama efek kesehatan yang banyak tersebut akan mampu menguatkan imun tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit. Daun kari dapat digunakan sebagai obat yang mujarab dalam menangkal penyakit termasuk Covid-19. Sangat benar yang disampaikan Presiden RI bahwa kita harus menguatkan kesehatan masyarakat dengan arif, dengan menggunakan bahan lokal yang melimpah di Indonesia. SY/NRH/YNI