BPP Jambi dan Dinas TPH Kerinci Satukan Persepsi Perkuat Kostratani

udin abay | Selasa, 16 Juni 2020 , 08:48:00 WIB

Swadayaonline.com -.Bapeltan Jambi melakukan rapat koordinasi Kostratani dengan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci pada hari Senin tanggal 15 Juni 2020. Ikut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci, Radium Khalis, Sekretaris Dinas, Kabid Tanaman Pangan, Kabid Prasarana dan Sarana Pertanian, para Kasie, serta pejabat structural dan pejabat fungsional Widyaiswara Bapeltan Jambi. 

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci, Radium Khalis menyampaikan rasa terima kasihnya atas kedatangan Bapeltan Jambi dan acara ini juga dalam rangka menyamakan persepsi untuk mendukung program kostratani. “Terima kasih kami ucapkan atas kedatangan Bapeltan Jambi yang sekaligus menjadi penanggung jawab program Kostratani untuk Kabupaten Kerinci.

Kostratani merupakan program yang strategis untuk mencapai kedaulatan pangan dan kami siap untuk mensukseskan program tersebut,” ujar beliau.
Program Kostratani intinya ada di penyuluh dimana BPP sebagai simbol kegiatan pembangunan pertanian, sebagai pusat informasi agribisnis dan kerjasama serta sebagai sumber data. Yang terpenting dari Kostratani ini adalah data. Data ini menjadi dasar pokok mengambil kebijakan bagi Kabupaten, Provinsi maupun Nasional. Oleh karena itu, dalam waktu saat ini Kostratani lebih fokus kepada bagaimana percepatan tanam. 

Lebih lanjut Kepala Dinas menyatakan Kostratani merupakan program teraktual terkompleks dari Menteri Pertanian. Program ini sejalan dengan Visi Presiden RI yang ingin pertanian Indonesia maju, mandiri dan modern. “Kostratani sejalan dengan Visi Presiden yang ingin menjadikan pertanian Indonesia maju, mandiri dan modern dengan memanfaatkan inovasi teknologi dan harapan Bapak Menteri dengan program ini dapat meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian, peningkatan kesejahteraan petani, membuka lapangan kerja dan eksport meningkat” jelas Kadis. 

Dalam rapat ini dibuka sesi tanya jawab antar peserta rapat. Juga disepakati bersama bahwasanya Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci akan mengirimkan laporan rekapitulasi perkembangan luas tanam padi jagung dan kedelai dua kali seminggu dan akan membuat group whatsapp penanggung jawab Provinsi tim supervisi dan pendampingan pelaksanaan program dan kegiatan utama Kementerian Pertanian.

Sinergi antara petani dan pihak – pihak terkait untuk menjamin ketersediaan dan ketahanan pangan terus dijalin oleh Kementerian Pertanian. Seperti yag disampaikan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, “Melalui gerakan Komando Strategis Pembangunan Pertanian (Kostratani) di masing – masing Kecamatan, peran penyuluh dalam mendukung dan mengawal petani agar pertanian tidak berhenti memastikan stok pangan terjamin dan mendukung sepenuhnya semua program utama Kementerian Pertanian,” semangat Dedi. SY/DW/BPPJ