Sinergi Dinas TPH, Petani dan Penyuluh Dalam Meningkatkan Produksi Bawang Putih Lokal

udin abay | Jum'at, 26 Juni 2020 , 05:11:00 WIB

Swadayaonline.com - Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci terus berkomitmen untuk meningkatkan produksi tanaman hortikultura terutama bawang putih. Melalui sinergi antara Dinas TPH, kelompok tani dan PPL diharapkan dapat menggenjot produksi bawang putih lokal yang pada akhirnya akan mengurangi ketergantungan terhadap bawang putih impor. 

Saat panen bawang putih di lahan kelompok tani Mekar Sari desa Sangir, Kecamatan Kayu Aro,  Kadis TPH Kabupaten Kerinci Bapak H. Radium Halis, S. Pi, M. Si mengucapkan terimakasih kepada kelompok tani penerima bantuan bawang putih APBN 2019 yang melakukan penanaman dan pemeliharaan secara optimal. Disamping itu beliau juga mengapresiasi kinerja PPL yang telah melakukan pendampingan terhadap kelompok tani mulai dari penanaman hingga panen. 

Pada kesempatan itu pula Kabid Hortikultura bapak Rieke Efriyantos, SP. M. Si menyampaikan bahwa di Kabupaten Kerinci terdapat sejumlah kelompok tani penerima bantuan bawang putih APBN 2019 dengan luasan sekitar 100 ha yang pada saat ini memasuki masa panen. Ketua Kelompok tani Mekar Sari bapak Arjen menyampaikan rasa terima kasih yang sebesarnya kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan dan pendampingan kepada kelompok tani dan beliau berharap pemerintah juga dapat memberikan dukungan sektor pemasaran yang masih agak terkendala.

Panen bawang putih di kelompok tani Mekar Sari juga dihadiri oleh koordinator BPP Kayu Aro dan PPL Kecamatan Kayu Aro dengan luasan yang dipanen 1 ha. Dari hasil Pengubinan yang dilakukan didapatkan produktivitas 9 ton/ha dimana berat tersebut masih berupa berat basah.

Penyuluh WKPP Sangir Hilman Fathoni, S. TP  mengatakan bahwa salah satu kendala petani bawang putih di Kecamatan Kayu Aro adalah kesulitan untuk mendapatkan bibit yang bermutu. Selama ini petani memperoleh bibit dari luar daerah yang terkadang memerlukan adaptasi lingkungan terlebih dahulu. Sebenarnya di Kayu Aro sendiri memiliki jenis bawang putih lokal Jangkiriyah Adro yang sudah beradaptasi dan memiliki banyak keunggulan. pada saat ini dalam tahap proses pengujian untuk dapat menjadi Varietas Unggul Nasional. SY/HLMN/BPPJ