BPP Jambi Berikan Pelatihan Pembuatan Bibit Jamur Tiram Kelas Rumah Tangga

udin abay | Selasa, 30 Juni 2020 , 04:35:00 WIB

Swadayaonline.com - Balai Pelatihan Pertanian (BPP) Jambi mengadakan e-training jambi berswara dengan judul pembuatan bibit jamur tiram,  pelatihan ini dibuka oleh bapak Kepala Balai Pelatihan Pertanian yang diwakilkan oleh bapak dr.  Ir. Joni Jafri dan di pandu oleh pak Yakmar dan 2 orang pemateri dari widyaiswara bu Lisa Maryani dan ibu Masnun,  proses pembuatan bibit jamur ini dimulai dengan pembuatan media yang akan digunakan untuk membuat media F0 yang selanjutnya akan diturunkan menjadi media F1,  F2 dan F3.  

Pelatihan ini dilakukan dalam skala rumah tangga sehingga bahan serta alat yang digunakan mudah didapatkan, pembuatan media F0 dan F1 dijelaskan oleh ibu Lisa dan F2 serta F3 oleh ibu Masnun,  tujuan dari pembuatan F1, F2 dan F3 adalah Agar dapat dihasilkan bibit yang banyak dalam waktu yang singkat. Bibit merupakan tahap awal berbudidaya karena dapat mempengaruhi hasil kualitas maupun kualitas pada bibit itu sendiri. Penjelasan dimulai dari pembuatan media, inokulasi dan tahap inkubasi.  Pengerjaan dalam pembuatan bibit jamur tiram dilakukan secara aseptik, menurut widyaiswara pengerjaan secara aseptik bertujuan mencegah serta mengurangi kemungkinan kontaminasi dari mikroorganisme lainnya.  

Kegiatan Jambi berswara terdiri dari 4 acara yaitu e-training,  live in,  konsultasi agribisnis dan webinar. Acara ini dilakukan melalui aplikasi zoom yang pesertanya berasal dari berbagai daerah dengan materi ajar yang telah diberikan terlebih dahulu oleh widyaiswara. Selama kegiatan e-training juga disisipkan dengan tanya jawab dengan widyaiswara. 

Komposisi media biakan murni F0 adalah media PDA dibuat dari kentang, agar, dan gula. Sedangkan secara umum bahan yang digunakan media F1, F2, F3 adalah jagung, dedak, serbuk kayu gergaji, dan serbuk kapur pertanian. Menurut ibu lisa, turunan media F3 tidak dilanjutkan terus-menerus ke F4, F5 dst. karena menghasilkan bibit yang kurang bagus. SY/PJI/BPPJ