Meningkatkan Kompetensi SDM Pertanian Melalui Jurnal AgriHumanis

udin abay | Rabu, 08 Juli 2020 , 15:16:00 WIB

Swadayaonline.com - Kementerian Pertanian melalui Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) meningkatkan kompetensi SDM dengan meluncurkan (launching) Jurnal AgriHumanis dan mengadakan Webinar, pada hari Selasa tanggal 7 Juli 2020. Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi melalui aplikasi zoom secara resmi meluncurkan jurnal dan memberikan materi pada kegiatan webinar yang dihadiri oleh widyaiswara, dosen, penyuluh, dan praktisi pertanian lainnya. Dedi menyampaikan “Saya menyambut baik lahirnya jurnal AgriHumanis yang diinisiasi oleh Balai Pelatihan Pertanian Jambi. Salah satu bentuk diseminasi hasil-hasil inovasi pertanian adalah melalui jurnal, termasuk kategori ilmiah sehingga bentuk penulisannya pun harus disesuaikan dengan kaidah-kaidah ilmiah”.

Kegiatan webinar yang dimoderatori oleh Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Bustanul Arifin Caya mengundang narasumber Prof. M. Firdaus selaku Guru Besar Ilmu Ekonomi FEM-IPB dan Dr. Anuraga Jayanegara yang memperoleh juara 1 Dosen Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2019. Bustanul mengantarkan pemateri dengan menyampaikan bahwa menulis di jurnal akan mampu mengasah kemampuan berfikir. “Mengasah kemampuan berfikir secara ilmiah bagi kita semua. Jurnal ini juga sebagai sarana dan wadah bagi widyaiswara, dosen, penyuluh, dan praktisi pertanian untuk menuangkan tulisan-tulisan ilmiahnya”.

Guru Besar IPB tersebut menyampaikan materi dengan tema Penulisan dan Struktur Artikel Penelitian Jurnal Internasional. “Jika jurnal yang dikelola oleh Kementerian baiknya ke arah terapan dan masuk ke diseminasi sehingga memiliki keunggulan. Semoga AgriHumanis cepat Terindeks di Sinta 2” ujar Firdaus. Sementara, dosen berprestasi yang berasal dari Fakultas Peternakan IPB itu memaparkan “Tidak ada orang yang dilahirkan langsung mempunyai kemampuan bisa menulis. Menulis artikel di jurnal internasional adalah sebuah skill bukan genetik. Ini semua bisa dipelajari, perlu melatih kemampuan tersebut”. Anuraga menyampaikan materi dengan tema Menembus Publikasi Jurnal Internasional Bereputasi.

Kegiatan webinar sangat menarik. Banyak yang sangat antusias mengikuti kegiatan daring ini. Pada aplikasi zoom diikuti oleh 500 orang peserta, sementara yang melalui YouTube dan facebook sesaat setelah kegiatan selesai terpantau dilihat oleh sebanyak 3.153 orang.
Menjadi sesuatu yang penting bagi yang memiliki jenjang karir sebagai widyaiswara, dosen, peneliti, serta fungsional-fungsional lain. “Mereka memerlukan kemampuan membuat tulisan ilmiah. Sehingga membuat kita semua terpacu untuk menulis.” tutup Anuraga. SY/BPPJ