LSP-PI dan LSP-Keswan PDHI Kolaborasi Tingkatkan Kompetensi SDM Peternakan

udin abay | Senin, 13 Juli 2020 , 14:41:00 WIB

Swadayaonline.com - Lembaga Sertifikasi Profesi Peternakan Indonesia (LSP-PI) dan Lembaga Sertifikasi Profesi Kesehatan Hewan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (LSP-Keswan PDHI), melakukan kerjasama sertifikasi profesi bagi dokter hewan.

Ketua Umum, Pengurus Besar Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PB PDHI), drh. H. M. Munawaroh, MM mengatakan, kolaborasi antara LSP-PI dan LSP-Keswan yang berada dibawah naungan PB PDHI bisa memberikan semangat dan nuansa baru khususnya bagi LSP-Keswan. 

“Ini potensi besar sekali, karena banyak dokter hewan dan mahasiswa keswan yang butuh disertifikasi. Dengan kerjasama dua LSP ini, bisa saling menguatkan serta menambah keyakinan bagi mereka yang mau disertifikasi,” ujar Munawaroh saat menerima sertfikat asesor dari BNSP oleh Direktur LSP-PI di Kantor Majalah Swadaya. (13/7/2020).

Munawaroh menambahkan, dengan kolaborasi ini masing-masing LSP bisa saling memanfaatkan skema dan asesor yang dimiliki, khususnya yang berhubungan dengan kesehatan hewan. “Sehingga sertifikat yang kita keluarkan benar-benar yang kompeten,” tambahnya.

Direktur LSP PI, Dr. Sinis Munandar, MS mengatakan, tujuan utama kerjasama LSP PI dan LSP Keswan untuk mensertifikasi para dokter hewan menjadi lebih kompeten, sehingga masalah kesehatan hewan di Indonesia akan teratasi dengan baik. Selain itu, tujuan utama lainnya adalah membangun SDM peternakan yang kompeten.

“LSP PI mempunyai 67 skema yang bisa dikolaborasikan dan dimanfaatkan oleh LSP Keswan bahkan para asesornya, begitupun sebaliknya,”, tegas Sinis Munandar. Sementara itu, Direktur LSP Keswan, drh. Mulyanto, MM, mengatakan LSP PI dan LSP Keswan akan melakukan promosi dan membuat rencana kerja bersama untuk meningkatkan kompetensi para dokter hewan. SY