2 Produk PWMP Polbangtan Manokwari Gabung di Lapak Kostratani Online

udin abay | Sabtu, 26 September 2020 , 14:31:00 WIB

Swadayaonline.com - Tindak lanjut dari Kementerian Pertanian (Kementan) dengan Bukalapak dalam mendukung pemasaran produk pertanian yakni dengan meluncurkan Lapak Kostratani Online.  Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyebutkan, “Pandemi Covid-19 saat ini berdampak pada sejumlah sektor terutama ekonomi.” 

Upaya Kementan dalam meningkatkan produktivitas dan penjualan hasil komoditas pertanian di Indonesia dengan mengadeng Bukalapak. Salah satu perusahaan e-commerce karya anak bangsa berencana menjalin kerjasama dengan Kemntan pada Jumat (18/9).

Kepala Badan Penyuluhan dan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi dalam kegiatan Ngobrol Asyik Penyuluhan (Ngobras), pada Selasa (22/9) secara online menyebutkan, “Sistem jual beli online bukan hanya keharusan, tapi sudah jadi kebutuhan.”  Lapak kostratani online diharapkan akan mendekatkan masyarakat dengan produk-produk unggulan Kementan.

Dedi pun menegaskan pada para petani, penyuluh, dan juga petani pengusaha milenial untuk memperhatikan kemasan agar membuat masyarakat tertarik. Perizinan pun harus dilengkapi agar lolos untuk dijual secara online dan menjadi jaminan kualitas produk.

Tak lupa Kepala BPPSDMP mengingatkan keberlanjutan program juga perlu dijaga, agar nampak keprofesionalitas usaha yang dijalankan.  Tercatat sebanyak 11 Produk Kostratani yang siap dipasarkan secara online.

Direktur Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari, Purwanta menyebutkan, “Dua produk diantaranya yang terdiri dari Isotonik Akway dan Pakan Ternak Ayam berasal dari Petani Pengusaha Milenial binaan kami, lewat Program Penumbuhan Wirausaha Muda Pertanian atau PWMP.. SY/VTR/PUSDIK