Dukung Program Kostratani, BPP Lampung Lakukan Bimtek Input Data

udin abay | Rabu, 30 September 2020 , 12:38:00 WIB

Swadayaonline.com - Pada peringatan Hari Tani Nasional, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan)  Lampung menyelenggarakan Bimbingan Teknis Online (BTO) Penginputan Data dalam Mendukung Program KOSTRATANI pada Kamis, (24/09/2020).

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL) menegaskan bahwa walaupun situasi pandemik Covid-19, pertanian tidak boleh berhenti. Hal tersebut juga ditegaskan kembali oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, bahwa Pertanian harus terus berjalan. Sumber daya manusia pertanian harus menjadi garda terdepan, yang cerdas, update, dan melek teknologi. Pertanian Andalan Bangsa. 

Sejalan dengan instruksi Kepala BPPSDMP, Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Lampung, menyelenggarakan Abdul Roni Angkat, menyelenggarakan Bimbingan Teknis Online (BTO) Penginputan Data dalam Mendukung Program KOSTRATANI di Kabupaten Lampung Barat.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi penyuluh pertanian khususnya di Kabupaten Lampung Barat dalam rangka mendukung program utama, Kementerian Pertanian yaitu KOSTRATANI. Bimtek yang seharusnya dilakukan dengan metode tatap muka langsung ini, diubah menjadi tatap Muka secara online, mengingat Instruksi Bupati Lampung Barat untuk tidak melakukan pertemuan dengan orang banyak, terutama yang berasal dari luar daerah. 

Kegiatan BTO ini diikuti oleh seluruh Koordinator Penyuluh dan Admin Kostratani yang ada di 15 kecamatan di kabupaten Lampung Barat. Selain itu juga turut serta pejabat struktural dan penyuluh pertanian kabupaten dari Dinas Pertanian Lampung Barat. Bimtek ini menghadirkan narasumber secara online yaitu beberapa widyaiswara Bapeltan Lampung.

Kepala Bapeltan Lampung menyelenggarakan BTO bertepatan dengan Hari Tani Nasional, 24 September 2020. Dalam sambutannya, Abdul Roni menyampaikan bahwa, walaupun Indonesia saat ini sedang Pandemik Covid-19, sebagai Aparatur Negara harus tetap produktif dalam berkontribusi bagi pembangunan pertanian. “Kita harus selalu befikir positif, berhati lapang dan selalu happy. Mudah-mudahan kita bisa terbebas dari virus Corona ini” demikian Abdul Roni menutup sambutannya.. SY/OCKY