Luncurkan Petani Smile, Kementan Pioner Aplikasi Pelatihan Online di Level Kementerian

udin abay | Jum'at, 27 November 2020 , 21:44:00 WIB

Swadayaonline.com - Kementerian Pertanian (Kementan) menegaskan statusnya sebagai pioner pelatihan online pada lingkungan kementerian di Indonesia. Treatmentnya melalui launching aplikasi Pelatihan Pertanian on Smart Mobile (Petani Smile), Jumat (17/11). Metodologinya dengan memanfaatkan akses internet dan android disertai penyediaan ragam konten berkualitas.

"Perubahan memang harus dilakukan, apalagi kalau targetnya untuk sebuah kemajuan secara menyeluruh. Dengan banyaknya tantangan dan ketersediaan teknologi, sudah seharusnya karya besar inovatif dilahirkan," kata Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi mengatakn Aplikasi ini secara umum tersusun oleh 4 elemen utama. Ada Learning Management System (LMS) dan Elektronik System Informasi Pelatihan Pertanian (ESIPP), juga Cloud Computing. Siapapun bisa memiliki aplikasi ini melalui Play Store.

“Dengan diluncurkannya aplikasi Petani Smile, maka Kementan menjadi yang pertama yang memiliki aplikasi berbasis pelatihan online. Kami sengaja mengembangkan aplikasi ini untuk menjawab semua kebutuhan industri pertanian saat ini. Pokoknya pertanian Indonesia itu harus modern,” ungkap Dedi Nursyamsi.

Untuk mewujudkan pertanian modern, Dedi pun menggunakan 3 indikator utama. Pertanian Indonesia ini harus mengaplikasikan produk bioscience. Konsep bioscience ini bisa diterapkan diantaranya melalui varietas unggul dengan produktivitas tinggi. Parameter lainnya adalah pemanfaatkan alat pertanian menurut kondisi lingkungan setempat. Indikator utama pertanian modern tentu harus menerapkan IT (information technology). Apalagi, saat ini posisinya industri pertanian berada di zona revolusi industri 4.0. Industri 4.0 diantaranya ditandai dengan bigdata, sensor, artificial intelligence (kecerdasan buatan), dan robotika. “Semua indikator utama ini untuk menaikan produktivitas. Produktivitas pertanian dari hulu hingga hilir,” terang Dedi.

Menerapkan aplikasi Petani Smile, beragam pengetahuan baru yang ditawarkan melalui pelatihan online. Cakupan meterinya menyangkut sedikitnya 11 Unit Pelaksana Teknis (UPT) di Kementan. Tujuannya, meningkatkan kompetensi dan kualitas pelaku industri pertanian secara menyeluruh. Kini, semua pelatihan hanya cukup dibuka melalui 1 aplikasi (one stop access).

“Aplikasi ini memang didesain khusus untuk pelatihan online. Dari sini, kami sebenarnya terus bersiap untuk mengembangkan marketplace sendiri. Dengan kapasitas yang dimiliki Sumber Daya Manusia di Kementan, semua akan terwujud. Jadi, aplikasi ini telah menginspirsi untuk melahirkan banyak karya kreatif dan inovatif lainnya. Semua harus didorong,” papar Dedi lagi.

Sementara Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Bustanul Arifin Caya menjelaskan LMS memiliki beberapa menu dan akan memberikan akses kepada 11 elearning dalam lingkup Puslatan. Sebut saja, Bertani on Cloud, PPMKP Ciawi, dan BBPKH Cinagara. Ada juga BBPP Ketidan, Lembang, Batu, Binuang, dan lainnya. Ruang lingkup pelatihan meliputi, Belajar Peternakan, Tanpa Batas, Lulus, Ruang Diskusi, Responsive Design, Perawatan Mesin Disel, Mengenal Sifat Fisik Tanah, dan banyak lagi.

“Kementan menjadi pioner pelatihan online berbasis aplikasi. Kami gembra akhirnya bisa menyelesaikan aplikasi ini, meski akan terus dikembangkan fungsinya. Aplikasi Smile Petani ini merupakan hasil kerja keras semua,” papar Bustanul Arifin Caya.

Memberikan beragam kemudahan, pelatihan online bisa dilakukan dengan memilih ‘Latihan Online’. Piliuh UPT yang dituju, lalu log in baru klik pelatihan yang akan diikutinya. Untuk ESIPP bisa dipakai melalui pemilihan menu di sisi atas. Setelah itu, log in dengan menggunakan username dan password baru bisa mengakses fasilitas ESIPP. Lalu bagaimana dengan Puslatan Cloud?

Secara umum, awalan menu Puslatan Cloud sama seperti lainnya. Pembedanya hanya pada pembuatan menu ‘create acoount’, lalu ikuti semua langkah sampai selesai. Cloud ini menjadi tempat penyimpanan file secara digital. Jadi, para peggunanya bisa membuka semua file di manapun dan kapan pun berada. Yang terpenting, pengguna tetap terkoneksi dengan internet.

“Kami tawarkan banyak kemudahan. Silahkan download aplikasi Smile Petani, lalu nikmati beragam pengetahuan terbaik industri pertanian Indonesia. Kami ingin memanjakan petani, penyuluh, hingga seluruh masyarakat Indonesia melalui beragam kemudahan dan konten berkualitas,” kata Bustanul. SY/CHA