Gebrakan Penyuluh Pertanian Kebumen Hadirkan Panggung Penyuluhan

udin abay | Senin, 22 Februari 2021 , 23:20:00 WIB

Swadayaonline.com - Penyuluh pertanian merupakan garda terdepan mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi lumbung pangan. "Kalian (penyuluh pertanian) adalah otaknya petani, pemegang manajemen pertanian di lapangan. Kalian yang menunjukkan mulai dari hulu ke hilir, mulai dari tanam sampai petik hingga jual," seru Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo kepada para penyuluh pertanian penuh semangat.

Penyuluhan di era  Revolusi Industri 4.0 menuntut ada perubahan paradigma penyuluhan. Awal Februari 2021 Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen melaunching “Panggung Penyuluhan Siniar Penyuluh Pertanian Kebumen”. Panggung penyuluhan ini kerjasama antara Dewan Pengurus Daerah (DPD) Perhimpunan Penyuluh Pertanian Indonesia (PERHIPTANI), Forum Komunikasi Tenaga Harian Lepas Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (FK THL TBPP), dan Forum Komunikasi Tenaga Penyuluh Pertanian (FK TPP) Kabupaten Kebumen. 

Panggung penyuluhan mengangkat materi  yang berisi tentang penyuluhan pertanian dengan konsep wawancara langsung, dengan narasumber berasal dari penyuluh pertanian, pelaku utama, dan pelaku usaha. Dengan semakin berkembangnya jaman, kegiatan penyuluhan pertanian juga mengalami banyak perubahan. Apalagi ditengah situasi pandemic Covid-19 yang belum usai, penyuluh dituntut untuk tetap wajib mengawal dan mendampingi petani sebagai garda terdepan pembangunan pertanian. Hal ini memberikan peluang bagi penyuluh untuk berinovasi dalam memberikan penyuluhan dan pendampingan terhadap petani binaannya sebagai pengganti pembatasan tatap muka yang sering dilakukan penyuluh. 

Upaya penyuluhan akhirnya disepakati dilakukan secara online sebagai pengganti tatap muka agar bisa dilihat dan didengarkan oleh petani dan masyarakat umum lainnya, sehingga informasi pertanian cepat diterima oleh pelaku pertanian.  Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen Tri Haryono sangat mengapresiasi dan mendukung penyuluhan online seperti ini, ia berharap penyuluhan dilakukan secara berkelanjutan dan mengetengahkan informasi pertanian yang terbaru. 

Panggung Penyuluhan ini dapat dilihat di chanel youtube Penyuluh Pertanian Kebumen dan dapat di dengarkan di Panggung Penyuluhan Podcast setiap hari Jum’at. Sampai dengan saat ini sudah tayang 2 episode yaitu tentang launching panggung penyuluhan dan korporasi petani. Kedepan, panggung penyuluhan ini diharapkan dapat berkembang lebih baik. 

Kehadiran Program Komando Strategi Pertanian (Kostratani) menuntut pada peningkatan sapras penyuluh atau Balai Penyuluhan Pertanian (BPP), seperti perbaikan kantor BPP, kendaraan operasional penyuluh, perangkat teknologi informasi. Selain itu, turut diperkuat juga peningkatan kapasitas penyuluh pertanian melalui pelatihan tematik, dan kelembagaan posluhdes serta penyelenggaraan penyuluhan pertanian juga akan diperkuat.

"Oleh karena itu, penyelenggaraan Kostratani dilakukan di Balai Penyuluhan Pertanian atau BPP, yang berfungsi sebagai pusat data dan informasi, pusat pembelajaran untuk penyuluh dan petani, pusat gerakan pembangunan pertanian, pusat konsultasi agribisnis dan pusat pengembangan jejaring kemitraan. BPP akan menjadi center of excelent semua aktivitas pertanian," Pungkas Dedi Nuryamsi. SY/SGNG/YNI