KWT di Kota Makassar Manfaatkan Limbah Cangkang Telur Untuk Budidaya Tanaman

udin abay | Kamis, 25 Februari 2021 , 22:05:00 WIB

Swadayaonline.com - Konsumsi telur ayam ras diprediksi akan mencapai 1,72 juta ton pada tahun 2021. Tingginya konsumsi telur ayam ras akan menyisakan limbah berupa cangkang. Faktanya, banyak cangkang telur dianggap sampah yang dapat dibuang begitu saja dan berakhir di tong sampah. Hal ini disebabkan pada umumnyamasyarakat belum mengetahui manfaat dan cara penggunaan cangkang telur. Cangkang telur bisa menjadi sebuah inovasi yang berguna dan bermanfaat bagi tanaman.

Penggunaan cangkang telur dapat digunakan  sebagai kompos tanaman. Pupuk kompos dari cangkang  telur mampu meningkatkan komposisi unsur hara, mineral atau nutrisi lain pada tanah. Unsur-unsur inilah yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Selain itu, cangkang  telur juga bisa berfungsi sebagai pengendali hama pada tanaman. Pemanfaatan cangkang telur pada tanaman dilakukan oleh salah satu Kelompok Wanita Tani (KWT) di Kota Makassar yakni KWT Tunas Mandiri dimana cangkang telur digunakan sebagai nutrisi dan pengendali hama pada tanaman sayuran. “Kami menggunakan limbah cangkang telur sebagai pupuk organik dan pengendali hama pada tanaman sayuran kami di kebun KWT” ujar Yustianti K . 

“Hampir setiap hari kami menyediakan makanan berbahan baku telur, sehingga setiap hari menyisakan cangkang telur sebagai limbah yang dibuang begitu saja di tong sampah, padahal cangkang telur dapat digunakan dalam budidaya tanaman sayuran. Selain itu,  cangkang telur cukup ampuh melawan sejumlah hama pada tanaman seperti siput, lalat dan beberapa jenis hama lainnya. Jadi cangkang  telur bisa digunakan sebagai salah satu metode pengendalian hama. ” tutur  Kahfianin penyuluh pertanian di Kota Makassar dalam penyuluhannya di KWT  Tunas Mandiri.

Cangkang telur mengandung  kalsium karbonat 98,43 %, magnesium karbonat 0,84 % dan kalsium fosfat sebanyak 0,75%.  Kandungan ini  dapat dimanfaatkan sebagai sumber nutrisi dalam  pertumbuhan dan perkembangan tanaman agar tumbuh subur, sehat dan berpoduksi tinggi. Merujuk dari hasil penelitian, pemupukan menggunakan unsur kalsium dengan dosis 4 gram pada setiap polybag dapat meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit saat pembibitan. Selain itu cangkang telur juga berguna sebagai pengendalian hama siput, lalat, dan hama lainnya.  Dimana   tepi cangkang telur yang tajam akan menjadi penghalang bagi  hama sehingga tidak dapat dengan mudah mencapai tanaman dan merusaknya.

Kahfiani juga menambahkan cangkang telur mempunyai berbagai manfaat dalam budidaya tanaman seperti sebagai kompos bagi tanaman, berfungsi menurunkan tingkat keasaman tanah, menguatkan tanaman, pengendali hama pada tanaman, sebagai media pembibitan, memperbaiki aerase tanah, membantu pertumbuhan kecambah, dan sedangkan pada tepung cangkang telur digunakan sebagai  bahan tambahan  dalam pembuatan pakan ternak yang kaya kalsium. 

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) seringkali mengatakan bahwa sektor pertanian di masa yang akan datang tidak bisa diolah dengan cara yang biasa. Namun harus dikerjakan dengan cara yang serba maju, serba baru dan lebih modern.

"Minimal dengan terjadinya Covid-19 ini kita semakin menyadari bahwa pertanian tidak boleh lagi diolah dengan cara yang biasa. Harus ada inovasi dan ide-ide kreatif dalam mengelola pertanian," terang SYL. 

Sementara itu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, mengatakan bahwa pertanian menjadi salah satu sektor yang dituntut untuk tetap produktif di tengah pandemi Covid-19. 

"Walau masih pandemi Covid-19, pertanian jangan berhenti, maju terus, pangan harus tersedia dan rakyat tidak boleh bermasalah soal pangan,” tegas Dedi. SY/KHF/YNI