BBPP Lembang Raih Penghargaan Bergengsi Abdibaktitani

udin abay | Kamis, 08 April 2021 , 11:22:00 WIB

Swadayaonline.com - Dalam   rangka   mencapai   sasaran pembangunan pertanian dan reformasi birokrasi, kualitas pelayanan Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) bidang pertanian perlu ditingkatkan. Sebagai apresiasi hal tersebut, Kementerian Pertanian memberikan Penghargaan Abdibaktitani kepada UKPP  Berprestasi  Bidang  Pertanian Tahun 2020 sebagai upaya memberikan motivasi, semangat perbaikan dan inovasi pelayanan melalui pelayanan prima.

Penilaian Abdibaktitani dilakukan melalui aplikasi yang diakses secara daring di simanja.itjen.pertanian.go.id ini, mencakup berbagai pertanyaan seperti moto dan maklumat pelayanan, penerapan standar pelayanan, pengakuan manfaat UKPP bagi pemangku kepentingan, dan inovasi pelayanan publik.

Hasil ekspose dan penilaian Tim Kementerian Pertanian tanggal 29 - 30 September 2020, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang didaulat menjadi salah satu dari 40 UKPP lingkup Kementerian Pertanian peraih penghargaan Abdibaktitani, dengan kategori UKPP Berprestasi Mempertahankan Piala dengan nilai 90,04. Piagam Penghargaan Abdibaktitani sebagai UKPP Utama dalam upaya mempertahankan kinerja memberikan pelayanan kepada publik, ditandatangani langsung oleh Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo pada tanggal 29 November 2020.

“Mari kita berikan pelayanan yang prima, peningkatan kinerja pelayanan, dan bekerja sama membentuk jejaring kerja agar program pembangunan pertanian ke depan dapat dilaksanakan sesuai tujuan  yang diharapkan," ujar menteri yang akrab disapa SYL ini. Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi, menyampaikan rasa syukurnya, bahwa dari 40 UPT Lingkup Kementerian Pertanian, 8 UPT diantaranya merupakan UPT BPPSDMP, 5 adalah UPT di bawah koordinasi Pusat Pelatihan Pertanian, dan 3 merupakan UPT di bawah koordinasi Pusat Pendidikan Pertanian, dapat meraih penghargaan Abdibaktitani.

Pada tahun 2001, BBPP Lembang memperoleh piagam penghargaan Abdibaktitani sebagai UKPP Berprestasi Pratama atas upaya meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat dengan baik. Pada tahun 2004, BBPP Lembang meraih piala Abdibaktitani sebagai bentuk penghargaan dari Menteri Pertanian untuk UKPP Terbaik. Pada Tahun 2016, BBPP Lembang kembali medapatkan piala Abdibaktitani sebagai UKPP Berprestasi Percontohan Bidang Pertanian. Dan Tahun 2020, BBPP Lembang memperoleh piagam Mempertahankan Penghargaan Abdibaktitani sebagai UKPP Utama dalam upaya mempertahankan kinerja memberikan pelayanan kepada publik.

Kepala Bagian Umum BBPP Lembang, Yullyndra Tisna Diputri pada Rabu (07/04/2021), menyampaikan rasa syukurnya. “Alhamdulillah untuk keempat kalinya, BBPP Lembang mendapatkan penghargaan Abdibaktitani. Ini merupakan hasil kerja keras seluruh pegawai BBPP Lembang dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terkait tugas pokok dan fungsi yang diemban oleh BBPP Lembang,” jelas Yullyndra. “Penghargaan ini akan menjadi semangat dan motivasi bagi kami untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, khususnya bagi petani untuk dapat meningkatkan kesejahteraannya,” tegasnya kembali. SY/YK/CHE