Peningkatan Kapasita SDM Melalui Latsar Bagi Penyuluh Pertanian Ahli

udin abay | Minggu, 06 Juni 2021 , 10:57:00 WIB

Swadayaonline.com - Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP), terus berupaya meningkatkan kapasitas SDM Pertanian. Hal ini bertujuan untuk mendukung mewujudkan kedaulatan pangan dan peningkatan kesejahteraan petani.  

Menteri Pertanian ( Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, peningkatan kualitas SDM menjadi salah satu fokus Kementerian Pertanian. “Salah satu fokus kita adalah meningkatkan kualitas SDM. Dengan SDM yang berkualitas tersebut, kita akan meningkatkan pertanian,”ujar SYL.  

Mengawali bulan Juni ini, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Ketindan menyelenggarakan pelatihan dasar bagi penyuluh pertanian ahli yang diikuti oleh 30 orang peserta, berasal dari Jawa Timur, Bali, NTB dan Papua Barat. Pelatihan yang dilaksanakan selama 21 hari mulai 2 sampai dengan 22 Juni 2021 ini dibuka Kepala BBPP Ketindan, Sumardi Noor.  

Dalam sambutannya, ia mengatakan pentingnya peran penyuluh menimba ilmu ini dengan baik agar setelah mengikuti pelatihan, kompetensi, pengetahuan, sikap dan keterampilan semakin meningkat. Apalagi ditengah gencarnya pertanian kita harus semakin maju, mandiri dan modern. Maka hal ini sangat layak untuk diikuti oleh peserta pelatihan dengan sungguh-sungguh. Semua peserta juga wajib menyampaikan transfer ilmu kepada petani binaannya agar petani kita juga turut meningkat penegtahuannya.  

Pelatihan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kualitas kinerja penyuluh pertanian yang professional, amanah, kreatif, proaktif serta responsif dalam pelaksanaan tugas yang didasarkan atas disiplin ilmu pengetahuan, metodologi dan teknik analisis yang tepat sesuai potensi di wilayah kerjanya bagi pemecahan permasalahan usahatani.  

Dalam pelaksanannya, pelatihan ini menggunakan metode Pendidikan orang dewasa (andragogy), klasikal, praktik, diskusi dan tanya jawab. Sementara itu materi selama mengikuti pelatihan antara lain Dasar-dasar Penyuluhan Pertanian, Pendidikan Orang Dewasa, Komunikasi dalam Penyuluhan Pertanian, Ketenagaan Penyuluhan Pertanian, Identifikasi Potensi Wilayah dan Agroekosistem, Programa Penyuluhan Pertanian, Rencana Kerja Tahunan Penyuluhan, Materi Penyuluhan Pertanian, Media Penyuluhan Pertanian, Metode Penyuluhan Pertanian, Penumbuhan dan Pengembangan Kelembagaan Petani dan Kelembagaan Ekonomi Petani, Evaluasi Pelaksanaan dan Dampak Pelaksanaan Penyuluhan Pertanian serta Pelaporan, Pengembangan Profesi Penyuluh Pertanian, Pengemasan Data dan Informasi Berbasis Internet.  

Kepala BPPSDMP kementan, Dedi Nursyamsi juga mengatakan pentingnya peningaktan SDM. “Jika ingin pertanian maju, majukan dahulu kualitas SDM. Karena SDM yang berkualitas bisa menghadirkan inovasi dan terobosan terobosan yang dibutuhkan pertanian,”ujarnya.   SY/YNI